5 Tips Untuk Membantu Bisnis Anda Bertahan Di Tengah Pandemi

PT Murni Solusindo Nusantara

|

Januari 28, 2021

Memasuki tahun yang baru, bisnis di tengah pandemi masih kesulitan untuk bangkit dan saat ini masih belum menemui titik terang. Terlebih jika kita melihat angka kasus positif covid-19 yang terus meningkat dan memecahkan rekor baru tiap harinya.

Kendati demikian, keadaan ini diharapkan akan berangsur membaik seiring dengan ketersediaan vaksin di tanah air.

Namun, kita harus paham bahwa adanya vaksin belum dapat menjamin siapa pun kebal terhadap virus ini. Oleh sebab itu, kedisiplinan dalam mentaati aturan pemerintah dan melaksanakan protokol kesehatan harus tetap dijalankan tiap-tiap individu, termasuk pemilik bisnis.

Tantangan tersebut sangat berdampak pada keadaan ekonomi Indonesia saat ini. Tidak sedikit bisnis yang kesulitan mempertahankan eksistensinya di tengah pandemi dan terpaksa gulung tikar.

Beberapa tantangan utama yang harus dihadapi bisnis antara lain pemberlakuan protokol kesehatan, pembatasan jam operasional dan kapasitas karyawan, serta turunnya daya beli masyarakat.

Lantas, bagaimana bisnis Anda dapat bertahan di tengah pandemi?

1. Buat produk yang relevan

Salah satu cara agar bisnis bisa terus eksis di tengah pandemi yaitu dengan mengikuti arah kebutuhan yang saat ini meningkat seperti: masker, hand-sanitiser, face shield, disinfektan, alat pengukur suhu tubuh, dsb.

Sesuaikan kebutuhan saat ini dengan lini bisnis Anda.

Sebagai contoh, apabila Anda adalah pengusaha ritel pakaian, Anda dapat membuat bundle produk masker kain yang dikemas dengan pakaian bercorak serupa untuk meningkatkan daya tarik Pelanggan.

Atau, jika Anda memiliki bisnis yang bergerak di bidang F&B, fokuskan penjualan pada produk ready-to-cook/ready-to-eat.

2. Beralih ke penjualan online

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), selama berada di tengah masa pandemi covid-19, minat masyarakat dalam berbelanja online semakin meningkat.

Pada bulan Maret 2020, penjualan online melonjak 320% dari total penjualan online awal tahun. Kemudian, lonjakan terjadi semakin tajam pada April 2020 dengan catatan peningkatan penjualan online sebesar 480% dari Januari 2020.

Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggiat bisnis semakin didorong untuk melebarkan kanal penjualan ke ranah online. Dan salah satu cara yang cepat serta murah yaitu bergabung dengan e-commerce.

Melalui kanal penjualan di e-commerce, produk Anda akan lebih dikenal dan eksistensi bisnis Anda akan semakin kuat.

3. Maksimalkan pemasaran digital

Begitu dahsyatnya dampak akibat pandemi membuat para pemilik bisnis harus putar otak untuk bertahan, dan salah satu strategi pemasaran yang paling efektif saat ini adalah memaksimalkan pemasaran digital.

Untuk mengatasi penurunan revenue, Anda harus lebih gencar melakukan pemasaran di berbagai kanal digital dengan menyertakan promosi yang menarik.

Selain melalui platform e-commerce atau website, Anda juga dapat mengoptimalkan pemasaran digital lewat akun media sosial serta didukung dengan promosi tambahan seperti gratis ongkos kirim maupun diskon untuk layanan servis, fasilitas langganan premium, atau produk bundle.

Dengan menyentuh berbagai platform, bisnis Anda dapat menjangkau pasar dan Pelanggan yang lebih luas.

4. Perdalam pengetahuan tentang bisnis

Mengutip kata-kata Einstein, “Once you stop learning, you start dying.”

Dalam keadaan apa pun, tidak ada alasan bagi Anda untuk berhenti belajar; terlebih di masa sulit akibat pandemi. Anda harus lebih fleksibel terhadap perubahan dan membuat berbagai inovasi untuk tetap bertahan.

Namun, agar Anda dapat bersikap terbuka terhadap perubahan dan mampu menciptakan inovasi, Anda perlu memperdalam ilmu pengetahuan tentang bisnis terlebih dahulu.

Hal ini tentunya bertujuan untuk membangun bisnis yang dapat berdiri kokoh meski melalui berbagai tantangan.

Namun, walau saat ini tidak memungkinkan untuk berpartisipasi dalam seminar maupun workshop offline, Anda tetap bisa memperdalam wawasan bisnis di rumah saja melalui beberapa situs seperti: NeilPatel.com, futurelearn.com, Quicksprout.com; atau situs lokal seperti: Bisnis.com, Panduanim.com, AnneAhira.com, dsb.

5. Tunjukkan komitmen terhadap Pelanggan

Akibat pandemi covid-19 yang mulai merebak pada bulan Maret, bisnis berada dalam posisi yang sangat sulit.

Namun, waktu yang sulit ini justru merupakan momentum tepat bagi Anda untuk menunjukkan komitmen terhadap Pelanggan/Klien dengan cara memberikan layanan yang terbaik.

Lantas, apa salah satu cara Anda dapat menunjukkan komitmen tersebut?

Perkuat layanan Pelanggan!

Pastikan perangkat pendukung bisnis Anda tetap optimal sehingga tidak mengganggu layanan Anda kepada Pelanggan

Untuk memastikan perangkat pendukung bisnis selalu dalam keadaan siap digunakan, Anda dapat menggunakan jasa servis dari penyedia layanan teknis yang profesional untuk keperluan perawatan dan perbaikan mesin.

Layanan servis profesional biasanya mengaplikasikan Service Level Agreement (SLA) untuk memastikan kesesuaian layanan dengan ekspektasi Klien, serta telah tersertifikasi oleh lembaga internasional.

Keberadaan tim teknis yang kompeten, terorganisir, terlatih dan berpengalaman di bidangnya juga akan mendukung performa layanan servis yang memuaskan bagi Pelanggan/Klien Anda.

Oleh sebab itu, kami, PT Murni, perusahaan penyedia solusi transformasi digital yang bergerak di bidang IT sejak 1992 dan memiliki Sertifikasi ISO 9001:2015 yang berfungsi untuk menjamin kualitas dan profesionalisme terkait penyediaan layanan servis untuk beragam perangkat kantor dan mesin pemrosesan uang, terus berdedikasi memberikan pelayanan terbaik bagi Klien kami.

Ini dia 5 manfaat yang dapat Anda rasakan jika menggunakan layanan servis dukungan teknis dari PT Murni

Selain terjamin karena kami telah tersertifikasi dan terstandarisasi, berikut 5 manfaat yang pasti Anda alami lewat layanan servis kami:

1. Perangkat selalu berfungsi optimal

Layanan rutin kami memastikan seluruh aset berada dalam keadaan prima dan mampu memberikan performa yang optimal sehingga terhindar dari potensi kerusakan dini.

2. Kelancaran proses bisnis dan operasional

Dengan dukungan layanan selama 24 jam melalui Helpdesk terpusat, kami memastikan respon yang cepat untuk menyelesaikan setiap kendala teknis sebelum kendala tersebut menghambat proses bisnis Anda.

3. Fokus terhadap Core Business

Dengan memercayakan pekerjaan pemeliharaan dan perbaikan kepada pihak ketiga yang kompeten dan berpengalaman di bidangnya, Anda serta staf bisa lebih fokus kepada tugas utama bisnis.

4. Standarisasi kualitas layanan untuk semua cabang

Layanan pemeliharaan secara terpusat memastikan kesetaraan kualitas dan layanan untuk seluruh cabang Anda dari Sabang hingga Merauke guna memberikan pengalaman Pelanggan yang sama dimanapun bisnis Anda.

5. Monitoring aset yang terpusat

Sistem online monitoring kami mendukung manajemen aset yang lebih efisien dengan akses real-time untuk mengetahui lokasi, status, kondisi, dan performa dari setiap mesin yang tersebar di masing-masing cabang.

Dengan pusat servis terautorisasi yang tersebar di lebih dari 70 titik di seluruh Indonesia dan telah diakui oleh berbagai penyedia produk kelas dunia seperti Glory Japan, Scan Coin, NCR, Ergotron, Olicom, dll, PT Murni selalu berkomitmen memberikan layanan servis terbaik.

Dengan mempercayakan servis mesin kepada kami, Anda tidak perlu mempekerjakan staf khusus untuk pemeliharaan dan perbaikan mesin sehingga Anda dapat meminimalisasi biaya dan kapasitas karyawan untuk pencegahan resiko penularan COVID-19 dan keberlangsungan bisnis Anda.

Kami memastikan kemudahan akses komunikasi terkait keluhan dan respon melalui berbagai kanal seperti hotline (1500-013), Email, Live Chat (website), SMS, WhatsApp, Faks, dll.

Cari tahu informasi lebih banyak mengenai layanan servis kami di sini atau langsung hubungi kami melalui telpon 1500-913 dan email di sales.office@murni.co.id

Baca Juga: Upaya Fasilitas Kesehatan untuk Memaksimalkan Layanan saat Pandemi