Dalam dunia bisnis yang terus berubah, faktor-faktor keberhasilan dan metrik yang digunakan pun ikut berubah. Saat ini, pengalaman pelanggan (customer experience) telah menjadi salah satu faktor keberhasilan yang paling penting. Oleh karenanya, memberikan pengalaman pelanggan yang positif adalah prioritas utama setiap bisnis.
Pengalaman pelanggan (customer experience) didefinisikan sebagai kesan pelanggan terhadap sebuah bisnis berdasarkan produk, layanan, dan interaksi dengan bisnis tersebut. Pengalaman pelanggan berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan pelanggan dan reputasi perusahaan. Jika gagal memberikan pengalaman pelanggan yang positif, Anda mempertaruhkan kelangsungan perusahaan Anda. Apakah perusahaan Anda telah mengutamakan pengalaman pelanggan? Jika jawaban Anda tidak dan Anda ingin mengubahnya, artikel ini cocok untuk Anda.
Jadi, harus mulai dari mana? Berikut ini adalah 5 langkah utama yang harus Anda ambil sebagai pemimpin bisnis untuk memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa:
Jadikan pengalaman pelanggan sebagai bagian dari visi bisnis Anda
Pertama-tama, jika visi perusahaan Anda tidak mengutamakan pengalaman pelanggan atau hal itu bukan salah satu prioritas utama, maka perlu dilakukan penyesuaian. Ketika bisnis Anda berorientasi pada pelanggan, Anda menunjukkan bahwa Anda memprioritaskan pelanggan dan menghargai pendapat mereka. Mereka mungkin tidak merasakan itu ketika berinteraksi dengan bisnis pesaing, sehingga membuat bisnis Anda lebih unggul.
Kenali pelanggan Anda
Baik sebagai pemimpin bisnis maupun staf, penting bagi Anda untuk mengenal pelanggan Anda agar dapat melayani mereka dengan baik. Bagaimana mungkin Anda dapat memberikan pengalaman pelanggan yang positif jika Anda tidak mengenal mereka? Nah, ini dia tips dari para ahli: Kunci untuk mengenal pelanggan Anda adalah dengan mengamati. Kelompok usia manakah yang menjadi mayoritas pelanggan Anda? Apa yang mereka butuhkan? Apa yang mereka harapkan dari perusahaan Anda? Pendekatan seperti apa yang perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan mereka? Intinya, kenalilah pelanggan Anda dan berempati terhadap mereka.
Kumpulkan umpan balik pelanggan
Sering kali, umpan balik pelanggan dianggap remeh. Padahal, melalui umpan balik pelanggan, Anda dapat mengetahui dengan tepat bagaimana kinerja perusahaan Anda di mata pelanggan dan aspek mana yang perlu diperbaiki menurut pandangan mereka. Untuk kemajuan bisnis Anda, akan lebih baik jika umpan balik tersebut dikumpulkan secara real-time.
Tingkatkan layanan dan kinerja staf
Sebagai seorang pemimpin bisnis, Anda perlu mengevaluasi layanan dan kinerja staf perusahaan Anda secara rutin. Jika saat ini Anda sedang berusaha meningkatkan layanan perusahaan Anda, berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan: melakukan kontrol kualitas, melakukan diversifikasi produk, atau membuat inovasi yang akan meningkatkan pengalaman pelanggan perusahaan Anda.
Berikan yang terbaik dan lampaui ekspektasi pelanggan
Untuk membuat pelanggan Anda terkesan, Anda perlu memberikan sesuatu yang baru dan unik. Misalnya, Anda dapat menggunakan sistem antrian virtual (virtual queue). Hal ini akan membuat proses transaksi lebih efisien dan lancar, serta memberikan kepuasan kepada pelanggan Anda.
SMARTQUEUE®: Solusi yang Tepat untuk Bisnis Anda
Jika Anda sedang berupaya meningkatkan pengalaman pelanggan (customer experience), Solusi Manajemen Antrian SMARTQUEUE® merupakan solusi yang tepat untuk Anda. SMARTQUEUE® adalah sistem manajemen antrian yang dirancang dan dikembangkan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan (customer experience) melalui peningkatan layanan berdasarkan analisis data.
Baik Anda tengah fokus meningkatkan kinerja layanan dan staf maupun berusaha memberikan yang lebih kepada pelanggan, sistem manajemen antrian ini akan membantu Anda memberikan pengalaman pelanggan yang positif. Hal ini karena SMARTQUEUE® dilengkapi dengan fitur-fitur berikut:
Pemantauan melalui dashboard dalam waktu nyata (real-time)
Dengan fitur ini, manajemen dapat memantau situasi di front office secara langsung dan aktual. Dengan demikian, manajemen dapat segera mengambil tindakan yang diperlukan, termasuk memberikan bantuan ketika staf di front office membutuhkannya atau ketika layanan melampaui batas yang telah ditetapkan. Fitur ini akan sangat membantu meningkatkan kinerja layanan perusahaan Anda.
Pelaporan komprehensif
Fitur pelaporan termasuk di dalam SMARTQUEUE®. Fitur ini dapat menghasilkan laporan KPI dan statistik lengkap. Dengan laporan yang mendetail, Anda dapat mengevaluasi kinerja layanan dan staf dengan mudah. Dengan fitur ini juga Anda dapat mengidentifikasi aspek-aspek yang perlu ditingkatkan. Hal ini memungkinkan Anda untuk merancang perencanaan perusahaan yang lebih efektif.
Kemampuan multibahasa
Keistimewaan dari solusi manajemen antrian ini adalah kemampuannya untuk digunakan dalam berbagai bahasa. Pelanggan Anda dapat memilih layanan dan menerima pemberitahuan melalui SMS dalam bahasa ibu atau bahasa pilihan mereka. Dengan begitu, Anda menawarkan sesuatu yang unik dan praktis bagi pelanggan Anda.
Solusi umpan balik pelanggan
Untuk memberikan pengalaman pelanggan yang positif, Anda perlu mengumpulkan umpan balik dari pelanggan. SMARTQUEUE® menawarkan fitur tambahan, yaitu SMARTFEEDBACK. Dengan solusi inovatif ini, Anda dapat mengumpulkan umpan balik dari pelanggan dengan mudah. Hal ini memungkinkan Anda untuk merencanakan perbaikan secara efektif berdasarkan data survei yang nyata.
Solusi manajemen antrian ini menawarkan berbagai fitur yang akan memberikan banyak manfaat bagi perusahaan dan pelanggan Anda. Untuk memberikan pengalaman pelanggan yang positif bagi pelanggan, percayakan pada SMARTQUEUE®.
Butuh bantuan menemukan solusi yang tepat untuk bisnis Anda?
Kami siap membantu
1500913
sales.office@murni.co.id