Transformasi Layanan Teller Di Cabang Digital dengan Teller Cash Recycler

PT Murni Solusindo Nusantara

|

Oktober 13, 2020

Tren Layanan Teller yang Baru

Transformasi cabang telah mendorong cabang untuk menjadi lebih terbuka dan personal, konter Teller yang dahulunya dibatasi dengan meja tinggi dan kaca untuk memastikan keamanan, sekarang digantikan oleh Teller Pod.

Belum pernah mendengar tentang Teller Pod?

Implementasi ini memang belum ditemui di Indonesia, tetapi sudah diimplementasikan di berbagai belahan negara di dunia.

Teller Pod

Transformasi Layanan Teller Di Cabang Digital dengan Teller Cash Recycler

Sumber: mastersmillwork.com

Teller Pod merupakan pengaturan open Teller dimana meja Teller tidak dihalangi oleh pembatas.

Dengan demikian, Teller dapat menghampiri Nasabah saat mereka datang ke cabang untuk menciptakan interaksi yang nyaman serta potensi upselling dan cross-selling.

Teller cash recycler diletakan menghadap Teller, atau yang biasanya disebut Teller-facing TCR.

Dengan bantuan TCR, implementasi Teller Pod dapat dilakukan dengan memastikan keseluruhan pemrosesan uang dilakukan oleh mesin secara tertutup, otomatis, cepat, dan aman sehingga meminimalisir resiko kejahatan.

Customer-facing TCR

Transformasi Layanan Teller Di Cabang Digital dengan Teller Cash Recycler

Implementasi customer-facing TCR di Bank Central Asia (BCA)

Sebagai alternatif Teller Pod, teller cash recycler juga dapat diimplementasikan di konter Teller menghadap ke arah Nasabah sehingga Nasabah dapat melakukan transaksi secara mandiri.

Metode ini disebut customer-facing TCR dimana Teller dan Nasabah masih dihalangi oleh pembatas tetapi peran masing-masing yang berubah.

Berbeda dari Teller Pod yang bertujuan untuk menciptakan interaksi personal antar Teller dan Nasabah, customer-facing TCR lebih mengutamakan efisiensi transaksi dan produktivitas Teller.

Karena Teller hanya bertugas untuk mengawasi transaksi, maka satu orang Teller dapat memantau dua teller cash recycler sekaligus, yang artinya satu Teller dapat melayani dua Nasabah dalam waktu bersamaan.

Kata Mereka Yang Sudah Menggunakan Teller Cash Recycler

Beberapa bank di Indonesia sudah mengimplementasikan customer facing TCR dan merasakan manfaat langsung yang signifikan.

Secara spesifik, kami juga ikut turun langsung dari tahap penjajakan hingga implementasi teller cash recycler sebagai konsultan bisnis bagi beberapa klien kami.

  • Dari kajian post-implementasi salah satu klien kami, teller cash recycler telah terbukti memberikan manfaat-manfaat berikut ini:
  • Meningkatkan kenyamanan transaksi bagi Nasabah dengan antrian dan layanan yang lebih cepat.
  • Meningkatkan produktivitas Teller lewat implementasi customer facing TCR yang memungkinkan Teller dapat melayani lebih banyak Nasabah.
  • Mempermudah tugas Teller dengan mengotomasi keseluruhan pemrosesan uang tunai hingga rekonsiliasi di akhir hari.

Bukan hanya itu saja, teller cash recycler jugaäó?

  • Meningkatkan keamanan transaksi dengan sensor deteksi uang palsu yang lengkap serta penyimpanan yang aman.
  • Meningkatkan efisiensi operasional bisnis dengan mempersingkat perputaran uang di cabang, yang tadinya harus dipindahkan ke brankas, sekarang dapat langsung diambil dari mesin.
  • Menyediakan pemantauan aktual terkait stok uang dan transaksi di cabang untuk manajemen.

Kami mengerti bahwa konsep transformasi cabang tidak dapat disamaratakan bagi semua organisasi karena jenis Nasabah dan masalah yang dihadapi setiap organisasi pasti berbeda-beda.

Indonesia, kami dapat membantu Anda merealisasikan transformasi cabang yang ideal untuk bank Anda.

Bila Anda sedang dalam tahap untuk melakukan transformasi cabang, Anda dapat berkonsultasi dengan konsultan bisnis kami di nomor hotline 1500-913 atau cari tahu lebih jauh mengenai TCR di sini.