Tren belanja online terus mengalami peningkatan selama pandemi COVID-19. Pembatasan aktivitas akibat pandemi yang memaksa masyarakat untuk tetap di rumah membuat pola belanja mereka berubah.
Konsumen yang sebelumnya tidak pernah belanja online, kini harus mengandalkan e-commerce atau platform belanja digital untuk memenuhi kebutuhannya.
Gubernur BI Perry Warjiyo memperkirakan, nilai transaksi e-commerce di tahun ini bisa mencapai RP 395 triliun, atau tumbuh 48,4 persen secara tahunan.
Padahal sebelumnya, BI memperkirakan total nilai transaksi e-commerce hingga akhir tahun 2021 bisa mencapai Rp 370 triliun, atau tumbuh 39,1 persen yoy.
“Meningkatnya prediksi ini seiring dengan peningkatan preferensi masyarakat untuk berbelanja secara daring. Hal ini bisa meningkatkan transaksi ekonomi dan keuangan digital,” kata Perry dalam paparan secara virtual.
Dari sekian banyak produk, berikut ini adalah sejumlah kategori barang online yang paling laris selama pandemi COVID-19.
Produk pakaian dan kosmetik
Dengan adanya pembatasan aktivitas sosial, tidak sedikit gerai ritel fashion di mal dan pusat perbelanjaan lainnya yang harus tutup sementara. Untuk memenuhi kebutuhan fashion-nya, masyarakat pun membeli pakaian yang mereka inginkan melalui e-commerce maupun marketplace.
Selain gerai fashion, pusat perawatan kecantikan pun ikut tutup selama pembatasan sosial. Karena masyakarat memiliki lebih banyak waktu di rumah, mereka pun membeli produk kosmetik secara online untuk merawat tubuh mereka sendiri selama pandemi.
Perlengkapan rumah tangga
Pandemi yang diakibatkan oleh virus COVID-19 mendorong masyarakat untuk hidup bersih dan sehat selama di rumah. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, masyarakat pun membeli berbagai produk perlengkapan rumah tangga secara online.
Sejumlah peralatan rumah tangga yang laris terjual di antaranya adalah produk kebersihan rumah, peralatan dapur hingga furnitur yang dapat menunjang aktivitas utama selama di rumah, seperti work from home atau sekolah daring (online).
Produk elektronik dan aksesoris gadget
Selama pandemi, tidak sedikit masyarakat yang melakukan aktivitas hariannya secara online maupun virtual karena adanya pembatasan sosial. Agar lebih optimal, masyarakat pun membeli berbagai produk elektronik yang dapat menunjang aktivitasnya selama di rumah.
Hal ini menjadikan produk elektronik dan aksesorisnya sebagai salah satu barang online yang paling laris di tengah pandemi.
Hobi dan hiburan
Agar tidak mengalami stres dan depresi karena terlalu lama menghabiskan banyak waktu di dalam rumah, masyarakat mulai mencari aktivitas atau hobi baru.
Alhasil, permintaan akan produk hobi dan hiburan pun turut meningkat pesat selama pandemi COVID-19. Terlebih lagi dengan adanya tren hobi yang kian menjamur di tengah masyarakat.
Berbagai barang online untuk menunjang hobi, seperti perlengkapan bercocok tanam, ikan hias, hingga sepeda pun kini semakin diminati.
Itulah seputar informasi terkait barang online yang paling laris selama pandemi yang perlu Anda ketahui. Seiring dengan kemajuan teknologi dan hadirnya pandemi, kini konsumen mulai mengandalkan e-commerce atau platform belanja digital untuk memenuhi kebutuhannya.
Selain menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam bertransaksi, belanja secara online pun pastinya lebih aman di tengah pandemi yang semakin menjadi.
Baca juga: Platform Jualan Online Terbaik untuk Raih Keuntungan Maksimal
Bagi Anda yang merasa kesulitan dalam memasarkan produk Anda secara online, jangan khawatir. Sebagai penyedia solusi untuk berbagai sektor bisnis, PT Murni menawarkan solusi Yobiweb – platform yang memungkinkan Anda untuk membuat website dan membuka toko online secara mandiri di website Anda tanpa dikenakan biaya admin per transaksi seperti toko di marketplace. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi bisnis Anda baik selama maupun setelah pandemi.
Yobiweb juga sudah dirancang sedemikian rupa agar dapat membantu website Anda tampil di halaman utama pencarian Google. Jadi tunggu apalagi? Saatnya go digital dan raih keuntungan maksimal.
Untuk informasi lebih lanjut, konsultan kami siap membantu Anda dan dapat dihubungi melalui Hotline 1500 913 dan email info@murni.co.id.
*Source: