5 Tips untuk Tingkatkan Omset Penjualan Restoran dengan Layar Digital

PT Murni Solusindo Nusantara

|

September 21, 2021

5 Tips Efektif untuk Tingkatkan Omset Penjualan Restoran dengan Digital Signage
Gambar dari Freepik

Saat pandemi COVID-19 menerjang, tidak sedikit restoran yang terpaksa harus ‘merumahkan’ para stafnya dan bahkan menutup usahanya.

Kala itu, pembatasan aktivitas sosial membuat restoran kehilangan banyak pelanggan. Alhasil, pendapatan restoran pun menurun drastis sehingga tidak mampu lagi membayar gaji staf, sewa tempat, dan biaya operasional lainnya.

Namun kabar baiknya, kini vaksinasi COVID-19 mulai digencarkan, bahkan pembatasan aktivitas sosial pun semakin melonggar seiring dengan melandainya kasus positif COVID-19 di Indonesia. Di samping itu, restoran pun sudah bisa melayani dine-in dengan kapasitas pelanggan yang terbatas.

Ini adalah peluang yang harus restoran manfaatkan untuk bangkit dan terus berkembang meski pandemi COVID-19 masih terus menghadang.

Tips untuk Tingkatkan Omset Penjualan Restoran

Salah satu cara untuk terus mengembangkan restoran di era serba digital dan pandemi adalah dengan memanfaatkan digital signage.

Selain itu, teknologi ini juga dapat membantu restoran meningkatkan pengalaman pelanggan (customer experience) jika mengombinasikannya dengan strategi pemasaran dan penempatan yang tepat sasaran.

Untuk para pebisnis kuliner, berikut ini adalah beberapa tips untuk tingkatkan omset penjualan restoran yang efektif dan kreatif dengan penggunaan digital signage di lokasi Anda.

1. Papan menu digital

Tampilkan semua menu makanan dan minuman di papan menu digital. Selain memudahkan pelanggan dalam memilih menu, staf restoran pun tidak perlu repot-repot untuk mendatangi satu per satu meja pelanggan.

Terlebih lagi, Anda pun dapat dengan mudah mengatur jadwal tayangan atau mengubah informasi menu kapan saja(real-time), misalnya menampilkan menu mana yang sudah sold out atau menu khusus yang tersedia di jam-jam tertentu, seperti menu sarapan.

2. Area tunggu yang informatif

Menunggu makanan tiba adalah hal yang paling membosankan bagi setiap orang. Bahkan pada kasus tertentu, pelanggan harus menunggu berjam-jam hingga makanan siap santap.

Maka untuk mengalihkan perhatian mereka dari rasa jenuh dan bosan, Anda bisa memasang layar digital di area tunggu atau area makan. Hiburlah mereka dengan tayangan musik, film, siaran olahraga maupun informasi terkini agar mereka betah meski harus menunggu lama.

3. Lakukan upselling

Menawarkan menu terbaru hingga loyalty program restoran Anda secara langsung kepada pelanggan terkadang memberikan kesan yang memaksa.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat memanfaatkan digital signage untuk memperkenalkan berbagai varian menu atau layanan terbaru dengan lebih menarik.

Baca juga: Self-Service Ordering Kiosk untuk Tingkatkan Pengalaman Pelanggan

Sebaiknya, tampilkan menu yang menggugah selera agar memancing pelanggan untuk memesannya.

Bahkan dengan visual dan gambar yang menarik, Anda bisa menawarkan lebih banyak produk daripada sekedar menu makanan saja. Anda bisa menawarkan mereka merch, lokasi baru, dan lainnya yang bisa meningkatkan pengalaman pelanggan seraya menambah pemasukan.

4. Tampilkan diskon dan promo lainnya

Siapa sih yang bisa menolak penawaran diskon dan promo? Mayoritas pelanggan pasti akan dengan senang hati untuk mendapatkannya.

Untuk itu, gunakanlah digital signage agar diskon dan promo Anda terlihat jelas oleh para pelanggan. Selain menarik perhatian, cara ini pun akan mendorong mereka untuk memesan lebih banyak item di restoran Anda.

5. Bagikan ulasan dan penilaian pelanggan

Adanya ulasan dan penilaian dari pelanggan menandakan bahwa manajemen Anda transparan. Jadi biarkan kualitas masakan dan pelayanan yang Anda berikan menjadi alasan utama bagi pelanggan untuk datang lagi ke restoran.

Selain dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap restoran, cara ini pun bisa mendorong mereka untuk memesan menu tambahan yang sebelumnya telah mendapatkan ulasan dan penilaian dari pelanggan lain.

Itulah sejumlah tips untuk tingkatkan omset penjualan restoran serta pengalaman pelanggan selama maupun setelah pandemi COVID-19.

Perkembangan zaman dan pandemi tentunya menghadirkan tantangan tersendiri bagi setiap bisnis termasuk restoran. Beradaptasi dan berinovasi menjadi kunci agar dapat bertahan dalam dinamika bisnis yang terjadi. Oleh karena itu, ayo ubah strategi dan lakukan transformasi agar bisnis Anda tidak tertinggal.

Selain dapat meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya operasional, meningkatkan pengalaman pelanggan hingga mengurangi antrian, digital signage pun dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan jika dikelola dengan baik dan benar.

 

PT Murni Solusindo Nusantara sebagai penyedia solusi digital untuk berbagai sektor bisnis selama lebih dari 29 tahun memiliki solusi digital signage yang unik dan inovatif. Berbeda dengan solusi digital signage lainnya yang hanya bersifat satu arah, solusi digital signage kami lebih dinamis dan interaktif karena dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang dapat menayangkan konten sesuai profil penonton (jenis kelamin, usia, ekspresi).

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait solusi digital signage yang paling optimal untuk bisnis Anda, silakan berdiskusi langsung dengan konsultan bisnis kami melalui Hotline 1500 913 atau e-mail info@murni.co.id.

Source:

  1. https://screencloud.com/blog/restaurant-digital-signage
  2. https://taggbox.com/blog/restaurant-digital-signage/