Pesatnya kemajuan teknologi menjadi peluang bagi setiap bisnis, termasuk restoran untuk terus berinovasi. Apalagi dengan perkembangan zaman dan perilaku konsumen yang semakin menuntut kemudahan dan kecepatan dalam segala aspek, teknologi akan selalu hadir untuk membuat semuanya terealisasi.
Dengan adanya pandemi COVID-19 yang memaksa setiap orang untuk menjaga jarak, teknologi seperti self-ordering kiosk akan sangat membantu restoran untuk tetap bertahan di tengah ketidakpastian.
Alasan Mengapa Self-Service Ordering Kiosk Kini Naik Daun
Beberapa tahun belakangan, sejumlah restoran cepat saji terpopuler di dunia telah menggunakan self-service ordering kiosk. Misalnya saja McDonald’s yang memanfaatkan kios pemesanan mandiri ini untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional serta penjualan.
Di lain sisi, McDonald’s pun mencatat bahwa restoran yang mengadopsi self-service ordering kiosk mengalami kenaikan penjualan sebesar 5 – 6 persen. Peningkatan penjualan tersebut sebagian besar dipicu oleh adanya perubahan pada perilaku konsumen.
Mereka yang terbiasa dengan kecepatan dan kemudahan saat memesan secara online tentunya mengharapkan pengalaman yang sama. Atau bahkan, lebih baik ketika membeli langsung di restoran.
Self-service ordering kiosk pun hadir untuk memenuhi ekspektasi tersebut dengan memberikan pengalaman memesan yang lebih cepat dan praktis.
Selain itu, teknologi ini juga sangat ideal digunakan selama pandemi untuk melindungi konsumen dan staf dari COVID-19. Hal ini dikarenakan konsumen dapat memilih dan membayar pesanannya sendiri tanpa harus berinteraksi dengan staf restoran.
Namun sayangnya, masih banyak restoran yang ragu untuk mengadopsi teknologi pemesanan mandiri ini. Mereka menganggap bahwa sebagian besar konsumen lebih suka jika mendapatkan pelayanan langsung dari staf.
Padahal nyatanya, menurut studi dari Tillster, konsumen dari segala usia sangat tertarik untuk menggunakan self-service ordering kiosk ini.
Hasil survey menunjukkan bahwa 65 persen konsumen akan lebih sering datang jika restoran menyediakan self-service ordering kiosk. Di samping itu, 30 persen konsumen mengatakan bahwa mereka lebih memilih untuk memesan melalui kios pemesanan mandiri daripada layanan kasir walaupun keduanya memiliki panjang antrian yang sama.
Meski self-service ordering kiosk termasuk ke dalam barang yang sering disentuh oleh banyak orang, Anda tidak perlu khawatir.
Pasalnya, sebagian besar kios yang beredar telah menggunakan material yang dapat Anda sterilkan dengan mudah. Selain itu, tersedia juga wadah untuk menampung hand sanitizer yang dapat Anda gunakan sebelum maupun setelah memesan makanan.
Manfaat Teknologi Pemesanan Mandiri untuk Restoran
Tren penggunaan self-service ordering kiosk diprediksi akan terus meningkat bahkan setelah pandemi. Bukan tanpa alasan, berikut ini merupakan manfaat utama self-service ordering kiosk untuk restoran Anda:
1. Meningkatkan Penjualan
Daripada menugaskan staf Anda untuk menawarkan berbagai promo secara langsung, self-service ordering kiosk dapat melakukannya untuk Anda dengan lebih menarik dan efektif.
Selain berfungsi untuk menerima pesanan, Anda dapat memanfaatkan kios pemesanan mandiri untuk menampilkan berbagai promo dan penawaran menarik – baik ketika kiosk sedang digunakan atau tidak.
Kesempatan up-selling produk seperti penambahan topping atau upgrade paket ke premium juga terbuka lebih besar.
2. Mempersingkat Waktu Pemesanan
Dengan segala kelebihannya, self-service ordering kiosk juga dapat mempercepat proses pemesanan menu di restoran Anda. Di masa pandemi ini, konsumen tentunya menghindari antrian panjang atau kerumunan dimana pun mereka berada.
Kiosk ini membantu restoran untuk mengurangi waktu pemesanan dengan membiarkan konsumen memilih, mengirim, dan membayar pesanannya sendiri, semua hanya dalam beberapa sentuhan saja.
3. Meningkatkan Akurasi Pemesanan
Dengan membiarkan konsumen memilih sendiri item yang mereka inginkan, Anda akan terhindar dari kesalahan pencatatan pesanan.
Kiosk yang dilengkapi dengan menu visual yang jelas dan menarik tentunya membuat konsumen Anda tahu persis apa yang akan mereka pesan, sehingga mengurangi resiko miskomunikasi dan salah pesan.
Pengalaman memesan yang cepat dan akurat tentunya membantu restoran Anda terhindar dari ulasan negatif konsumen di website atau social media Anda.
4. Mengurangi Biaya Tenaga Kerja
Dengan adanya self-ordering kiosk, Anda dapat dengan mudah mengatur penempatan staf di restoran. Staf yang tadinya bertugas untuk melayani konsumen secara langsung di kasir, kini dapat Anda tugaskan untuk melakukan hal lainnya yang lebih produktif.
Misalnya di tengah pandemi, Anda dapat menugaskan staf tersebut untuk mengatur kapasitas atau alur pergerakan pengunjung di dalam restoran.
Dan yang terpenting, Anda pun tidak perlu merekrut pegawai baru karena kios pemesanan mandiri dapat mempermudah proses operasional di restoran meski di jam-jam sibuk.
5. Melindungi Konsumen dan Staf Dari COVID-19
COVID-19 menular dari satu orang ke orang lain melalui droplet yang berasal dari saluran pernapasan saat batuk, bicara, dan bersin. Apabila pemakaian masker tidak sesuai anjuran, droplet tersebut tetap dapat menginfeksi orang lain.
Ini berarti bahwa potensi penularan COVID-19 sangatlah tinggi jika konsumen memesan item secara tatap muka dengan staf.
Untuk itu, self-ordering kiosk hadir untuk mengurangi interaksi tatap muka antara konsumen dan staf restoran. Konsumen dapat memesan dan membayar sendiri item yang mereka inginkan tanpa harus berinteraksi langsung dengan staf.
Dengan begitu, restoran pun dapat meminimalisir potensi penularan COVID-19 jika mengadopsi kios pemesanan secara mandiri ini.
Perkembangan zaman dan pandemi tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi setiap bisnis termasuk restoran. Beradaptasi adalah kunci agar dapat bertahan di tengah ketidakpastian. Oleh karena itu, ayo ubah strategi dan lakukan transformasi agar bisnis Anda tidak tertinggal.
Selain dapat meningkatkan pengalaman konsumen saat berada di restoran, self-service ordering kiosk pun dapat meningkatkan penjualan jika pengelolaannya baik dan benar.
PT Murni sebagai penyedia solusi untuk setiap bisnis, menyediakan berbagai solusi digital mulai dari self-ordering kiosk hingga digital signage berteknologi AI (Artificial Intelligence).
Jika Anda memiliki pertanyaan terkait fitur dan manfaat bisnis dari solusi self-ordering kiosk di restoran Anda, silakan berkonsultasi dengan konsultan bisnis kami melalui Hotline 1500 913 atau email info@murni.co.id.
Source: