BI-FAST Payment Segera Hadir untuk Optimalkan Pembayaran Digital

PT Murni Solusindo Nusantara

|

Oktober 22, 2021

BI-FAST Akan Segera Hadir untuk Optimalkan Pembayaran Digital
Gambar dari Freepik

Mulai tahun depan, BI-FAST Payment akan menggantikan SKNBI (Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia) sebagai sistem pembayaran ritel Indonesia yang baru.

Transformasi ini merupakan implementasi dari Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 (BSPI) dalam menyediakan infrasktruktur sistem pembayaran ritel yang cepat, mudah, murah, aman, dan handal.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, saat ini dengan adanya SKNBI, transaksi kliring dinilai masih cukup lama dan tidak real-time. Untuk dapat menjawab tantangan di era digital, BI perlu mengadopsi sistem pembayaran yang lebih cepat, yakni BI-FAST Payment.

“Kami berharap tahun depan BI-FAST Payment bisa segera dijalankan,” kata Perry.

Lanjutnya, BI-FAST Payment memang masih dalam tahap pengembangan. Namun jika sudah berjalan, sistem baru ini dapat memangkas waktu kliring yang sebelumnya bisa memakan waktu 2-3 hari menjadi real-time.

“BI-FAST Payment akan menggantikan SKNBI, BI-FAST akan 24 jam 7 hari dan real-time. Hanya akan memerlukan waktu beberapa detik untuk akselerasi settlement dan kliring dengan sistem pembayaran. Ini sebuah revolusi, reformasi dalam pembayaran digital,” jelasnya.

Baca juga: BI-FAST akan Diimplementasikan secara Bertahap

Ini bertujuan untuk mengakselerasi percepatan sistem pembayaran digital di Indonesia. Dengan harapan, dapat meningkatkan jumlah transaksi digital dan menjangkau masyarakat seluas-luasnya. Dan tentunya, dengan biaya yang lebih murah dan penyelesaian transaksi yang lebih singkat.

Kelebihan BI-FAST Payment yang Tidak Dimiliki SKNBI

Mengutip Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025, BI-FAST Payment merupakan infrastruktur fast payment untuk mengakomodir dan memfasilitasi pembayaran menggunakan kartu, uang elektronik, dan skema direct to account, baik transfer kredit maupun transfer debit.

Harapannya, BI-FAST Payment dapat menjadi jawaban akan kebutuhan infrastruktur sistem pembayaran yang tersedia setiap saat (24/7). Juga mampu melayani berbagai transaksi pembayaran antar nasabah dengan memanfaatkan payment ID.

Berbeda dari SKNBI, BI-FAST Payment memiliki fitur proxy address. Ya, fitur yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transfer hanya dengan menggunakan nomor handphone, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan email penerima.

Dengan begitu, masyarakat tidak perlu lagi menghapal maupun mengetik nomor rekening yang panjang dan rumit.

Selain itu, BI-FAST Payment juga memiliki sederet fitur utama lainnya yang dapat mendorong pembayaran yang “Cemumuah” atau cepat, mudah, murah, aman dan handal, yakni:

  • Penyelesaian transaksi secara real-time di level bank dan nasabah
  • Layanan tersedia tanpa batasan waktu
  • Proses validasi dan notifikasi secara real time
  • Adanya fitur keamanan yang andal berupa fraud detection dan AML/CFT system (Anti-Money Laundering/Combating the Financing of Terrorism).

Bukan tanpa alasan, peluncuran BI-FAST Payment ini merupakan salah satu upaya BI untuk menciptakan ekosistem keuangan digital nasional yang mampu mendongkrak perekonomian Indonesia.

“Bank Indonesia berkomitmen untuk mendukung upaya-upaya bersama dalam akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan Indonesia ini,” ucap Perry.

Solution Provider untuk Lancarkan Implementasi BI-FAST

Untuk mendukung kelancaran implementasi BI-FAST Payment, PT Murni sebagai pengembang SKNBI dan penyedia solusi digital untuk industri keuangan sejak 1992, menyediakan infrastruktur untuk menghubungkan sistem yang ada di masing-masing peserta dengan sistem BI-FAST, yakni SMARTGATEWAY™.

Sebagai solusi yang fleksibel dan adaptif, SMARTGATEWAY™ memungkinkan setiap peserta untuk mengimplementasikan BI-FAST Payment secara lebih cepat dan mudah. Dan tentunya, tanpa membutuhkan modifikasi atau hanya dengan sedikit modifikasi saja.

Berpengalaman selama lebih dari 29 tahun di dunia perbankan Indonesia, PT Murni mengembangkan SMARTGATEWAY™ sebagai solusi yang holistik, aman dan dapat memberikan nilai tambah bagi penggunanya.

Untuk itu, solusi ini tidak hanya memfasilitasi BI-FAST saja. Melainkan ke depannya, SMARTGATEWAY™ juga dapat mendukung sistem pembayaran digital lainnya.

Selain dari segi kompetensi dan pengalaman yang telah terbukti, PT Murni juga memiliki lebih dari 75 Service Point yang tersebar seluruh Indonesia dan layanan Helpdesk 24/7 sebagai bukti kesiapan PT Murni dalam mendukung implementasi BI-FAST – sistem pembayaran yang akan beroperasi secara real-time dan tersedia setiap saat (24/7).

Apabila Anda tertarik untuk mengetahui tentang fitur, harga, atau informasi lainnya mengenai SMARTGATEWAY™, silakan menghubungi Expert Consultant kami melalui email BI-FAST@murni.co.id atau nomor Hotline 1500 913.

*Source:

  1. https://nasional.kontan.co.id/news/mengenal-bi-fast-payment-system-yang-akan-gantikan-sistem-kliring-nasional
  2. https://finance.detik.com/moneter/d-5520693/bedanya-fast-payment-dengan-kliring-yang-mau-diganti-bi
  3. https://money.kompas.com/read/2021/04/06/163328626/bakal-gantikan-sistem-kliring-nasional-apa-kelebihan-bi-fast
  4. https://infobanknews.com/siapkan-fast-payment-2021-bi-transaksi-kliring-bisa-real-time/
  5. https://keuangan.kontan.co.id/news/sknbi-akan-bertransformasi-menjadi-bi-fast-payment