Bisnis di masa pandemi diwajibkan untuk beradaptasi agar bisa pulih dan bertahan. Hadirnya pandemi COVID-19 yang hingga saat ini masih terus berlanjut memberikan dampak yang sangat besar di berbagai sektor bisnis. Langkah-langkah yang diambil untuk menghentikan penyebaran virus SARS-CoV-2 secara tidak langsung memberikan dampak kepada bisnis karena adanya pembatasan operasional sesuai dengan regulasi yang ada.
Berdasarkan survei yang dilakukan oleh PwC, lebih dari 70% responden mengatakan bisnis mereka terkena dampak negatif krisis akibat pandemic dan hanya 20% yang mengatakan bahwa krisis tersebut berdampak positif.
Melalui survei tersebut dan juga fakta-fakta lain yang banyak ditemukan di lapangan, Pemerintah pun terus giat melakukan program vaksinasi sebagai salah satu solusinya.
Pemerintah mengharapkan terjadinya Herd Immunity atau kekebalan komunal melalui program vaksinasi yang sudah mulai dijalakan sejak 13 Januari 2021. Hingga saat ini pun program vaksinasi terus dijalankan di seluruh Indonesia agar Indonesia bisa dengan cepat terbebas dari COVID-19.
Namun tentu saja, bisnis tidak bisa menunggu dan menggantungkan nasibnya hanya dengan harapan Indonesia bisa mencapai kekebalan komunal. Oleh karena itu, untuk kembali pulih di tengah pandemi, bisnis harus beradaptasi.
Di tengah pandemi yang sudah berjalan lebih dari satu tahun ini, sudah bisa dilihat bahwa terjadi perubahan pada customer behavior atau perilaku konsumen. Konsumen secara masif telah pindah ‘haluan’ ke platform online dan digital.
Kendatipun konsumen saat ini lebih banyak berbelanja online, tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak industri atau bisnis yang membutuhkan operasional secara offline (bertatap muka). Sehingga, adaptasi untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk konsumen sekaligus staf menjadi fokus utama.
Mengingat kesehatan merupakan aspek yang paling penting saat ini, implementasi protokol kesehatan yang baik menjadi sangat crucial. Untuk meminimalisir penyebaran virus, bisnis Anda harus menerapkan physical distancing, menyediakan hand sanitizer, mengecek suhu tubuh setiap staf dan pengunjung, dan lainnya.
Hal tersebut bisa dilakukan secara mudah dengan teknologi otomatis. PT Murni memiliki SMARTGUARD™ dan SMARTTHERMO™ sebagai inovasi untuk membantu bisnis Anda dalam memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik. Apa saja fungsinya?
SMARTGUARD™, dispenser hand sanitizer otomatis dengan layar digital HD yang dimiliki PT Murni, memastikan kebersihan tangan tanpa kontak fisik untuk konsumen dan staf Anda.
SMARTGUARD™ dilengkapi dengan sensor otomatis yang dapat mengeluarkan hand sanitizer tanpa harus ditekan secara manual. Sehingga, potensi terkontaminasi virus, kuman maupun bakteri pun menjadi kecil karena semuanya sudah serba otomatis.
Tidak hanya itu, SMARTGUARD™ juga dilengkapi dengan LCD tahan air (waterproof) dimana Anda bisa menampilkan informasi penting dan edukasi terkait COVID-19. Dengan bantuan LCD ini, Anda juga bisa meningkatkan product awareness dan menonjolkan promosi bisnis Anda.
Selain itu, sebagai pertahanan pertama untuk mencegah potensi penularan virus di lokasi bisnis Anda, PT Murni juga memiliki alat deteksi suhu tubuh secara otomatis dan self-service, SMARTTHERMO™ untuk memeriksa suhu tubuh konsumen dan juga staf Anda.
Hadirnya SMARTTHERMO™ bisa mengeliminasi proses manual yang mengharuskan petugas untuk memeriksa setiap pengunjung satu persatu. Sehingga, physical distancing dapat terjaga dengan baik. SMARTTHERMO™ juga dilengkapi dengan alarm yang akan berbunyi secara otomatis apabila mendeteksi suhu tubuh abnormal.
PT Murni, dengan lebih dari 29 tahun pengalaman sebagai penyedia berbagai solusi digital untuk bisnis dari berbagai sektor, turut mengambil peran dalam membantu bisnis kembali pulih di tengah pandemi melalui penyediaan berbagai produk yang inovatif. Produk-produk ini dirancang untuk membantu bisnis Anda menerapkan protokol kesehatan dengan cara yang jauh lebih mudah dan efisien jika dibandingkan dengan perangkat konvensional.
Sekarang adalah saat yang tepat bagi bisnis Anda untuk memaksimalkan teknologi digital. Dengan menggunakan berbagai teknologi yang dapat membantu di tengah pandemi, kelancaran bisnis Anda dapat terjaga sembari memastikan kondisi yang aman dan nyaman bagi semua pihak.
Baca Juga: Masyarakat Gencar Berbelanja Online selama Pandemi COVID-19