Transformasi Digital untuk Bisnis di Tengah Pandemi

PT Murni Solusindo Nusantara

|

September 13, 2021

Tidak ada yang bisa mengantisipasi perubahan yang terjadi akibat pandemi COVID-19. Kehadirannya yang begitu tiba-tiba membawa dampak yang sangat besar sehingga ‘memaksa’ berbagai sektor bisnis untuk segera beradaptasi.

Kini, pandemi COVID-19 sudah berjalan hampir 2 tahun. Hampir semua sektor bisnis berlomba-lomba untuk beradaptasi agar bisa terus berjalan di tengah pandemi. Pembatasan secara operasional dan fisik membuat haluan bisnis berganti fokus ke transformasi digital.

Sebuah survei dari McKinsey menunjukkan bahwa respon/ adaptasi terhadap COVID-19 telah mempercepat adopsi teknologi digital hingga beberapa tahun- dan  bahwa banyak dari perubahan ini dapat terjadi dalam jangka panjang.

Dalam waktu yang singkat, krisis COVID-19 terlah membawa perubahan yang besar dan mendorong bisnis untuk melewati krisis dengan hidup berdampingan bersama COVID-19 melalui perubahan model operasi bisnis.

Untuk menyesuaikan bisnis agar bisa berjalan berdampingan dengan situasi pandemi, bisnis harus menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman sebagai prioritas karena saat ini kesehatan adalah hal paling utama bagi semua orang.

Oleh karena itu, untuk tetap kompetitif dalam keadaan bisnis dan ekonomi yang baru, diperlukan strategi dan praktik baru. Semuanya perlu terakomodasi dengan baik; mulai dari kesehatan staf dan pelanggan hingga kenyamanan dalam menjalankan operasional bisnis secara offline.

Bagaimana caranya? Karena terjadinya perubahan masif ke mode online, transformasi digital untuk bisnis menjadi pilihan yang tepat di tengah pandemi. Sebelum memilih apa saja tools/ peralatan yang dibutuhkan, Anda harus mengetahui tantangan yang mungkin bisnis Anda hadapi di tengah pandemi dan bagaimana transformasi digital bisa membantunya.

Sebagai contoh, hal yang mungkin menjadi tantangan untuk berbagai sektor bisnis di tengah pandemi adalah pengurangan kontak fisik. Untuk bisnis yang sehari-harinya berhadapan langsung dengan konsumen, hal ini menjadi tantangan tersendiri.

 

Namun, tantangan tersebut dapat dengan mudah ditangani dengan transformasi digital. Misalnya untuk restoran, daripada membagikan buku menu yang berpotensi sebagai media penyebaran virus; hal tersebut bisa diganti dengan penggunaan Layar informasi digital.

Penggunaan layar informasi digital akan memudahkan konsumen untuk melihat menu maupun promosi yang Anda miliki tanpa perlu menyentuh apapun.

Selain itu, untuk menghindari kontak fisik dan mengurangi kerumunan seperti antrian, Anda bisa menggunakan sistem pemesanan dan antrian secara virtual. Agar lebih fleksibel dan dapat mengakomodasi preferensi setiap konsumen yang berbeda-beda, Anda bisa menyediakan pilihan kepada konsumen untuk melakukan pemesanan secara langsung di konter ataupun secara virtual menggunakan smartphone mereka masing-masing.

BLOG BSS Your Guide before Switching to a Virtual Queue
(Foto dari Freepik)

Pemesanan dan antrian virtual juga memberikan kemudahan konsumen Anda untuk melihat giliran atau nomor antrian mereka sehingga mereka dapat menunggu dengan nyaman di mana saja. Dengan demikian, Anda dapat menciptakan outlet yang tertib, nyaman, dan bebas kerumunan sembari memberikan customer experience yang lebih baik dari kompetitor.

Kemudian, jika Anda ingin mengembangkan bisnis Anda ke tahap selanjutnya yang lebih canggih, Anda juga bisa memanfaatkan Self-Service Ordering Kiosk. Apa itu Self-Service Ordering Kiosk?

Self-Service Ordering Kiosk merupakan solusi yang memungkinkan konsumen Anda untuk melakukan pemesanan makanan dan pembayaran secara mandiri sehingga dapat mengurangi kontak langsung dengan staf Anda.

65
(Gambar dari Freepik)

Menjadikan transformasi digital sebagai solusi untuk menjalankan bisnis selama “the next normal” menjadi langkah yang tepat agar bisnis Anda bisa bertahan di tengah pandemi dan bahkan lebih sukses dari sebelumnya.

Selain menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman untuk staf Anda, konsumen pun bisa mendapatkan “jaminan” rasa tenang karena transformasi digital Anda yang mengedepankan kenyamanan dan kesehatan mereka.

Sekarang adalah saat yang tepat untuk melakukan transformasi bisnis karena langkah yang Anda ambil sekarang akan menjadi penentu keberlangsungan bisnis Anda di masa yang akan datang.

PT Murni Solusindo Nusantara (PT Murni) sebagai perusahaan bersertifikat ISO 9001:2015 dan penyedia berbagai produk dan solusi digital selama lebih dari 29 tahun, siap untuk mendukung transformasi bisnis Anda ke arah digital.

Untuk informasi lengkap mengenai produk yang dimiliki oleh PT Murni, Anda bisa menghubungi  kami melalui Hotline 1500 913 dan email info@murni.co.id.

Mari mulai transformasi bisnis Anda sekarang!

Baca Juga: Cara Bisnis Beradaptasi agar Kembali Pulih di Tengah Pandemi