Menerapkan Ergonomi dalam Lingkungan Kerja Anda: Panduan Praktis

Digital Content Writer

|

Juni 15, 2023

Ilustrasi penerapan ergonomi saat bekerja. Source:Freepik
Ilustrasi penerapan ergonomi saat bekerja. Source:Freepik

Setiap orang tentu menginginkan lingkungan kerja yang lebih sehat dan nyaman untuk menyelesaikan setiap tugasnya. Agar dapat memperoleh kedua hal tersebut, diperlukan penerapan suatu konsep yang disebut ergonomi.

Ergonomi, pada dasarnya, merupakan sebuah bidang ilmu yang mempelajari interaksi manusia dan sistem yang ditempatinya. Konsep ini mencakup desain produk dan lingkungan kerja yang bertujuan untuk menunjang kesehatan dan keselamatan, efisiensi, serta produktivitas dalam suatu sistem.

Dalam praktiknya, ergonomi memiliki beberapa fokus utama yang disebut prinsip ergonomi, yaitu:

  • Postur yang benar saat bekerja
  • Peralatan kerja yang sesuai
  • Desain lingkungan kerja yang optimal

Ketiga prinsip tersebut dapat dengan mudah diimplementasikan dalam rutinitas kerja sehari-hari. Berikut adalah cara-cara praktis untuk menerapkannya:

  1. Perbaiki posisi duduk dengan kursi yang memiliki sandaran punggung dan dapat disesuaikan. Atur ketinggian kursi hingga telapak kaki Anda menyentuh lantai dalam posisi yang nyaman serta lutut membentuk sudut 90 derajat. Pastikan posisi pinggul sejajar dengan kursi dan punggung tetap tegak. 
  1. Posisikan meja sejajar dengan siku, membentuk sudut 90 derajat untuk menjaga lengan dan bahu dalam posisi nyaman. Tempatkan keyboard tepat di depan Anda dengan ketinggian yang tepat, sehingga lengan dan pergelangan tangan dapat rileks saat mengetik.
  1. Atur ketinggian layar komputer hingga sejajar dengan mata atau sedikit di bawahnya. Jarak antara mata dan layar direkomendasikan sekitar 50-70 cm untuk mengurangi ketegangan mata. Sesuaikan kecerahan dan kontras layar agar nyaman untuk dilihat. 
  1. Tempatkan mouse di dekat keyboard pada permukaan yang datar. Gunakan mouse pad yang sesuai untuk mendukung gerakan yang lancar. Jika Anda sering menggunakan laptop, pertimbangkan untuk menggunakan mouse eksternal dan keyboard yang lebih ergonomis untuk menghindari ketegangan pada pergelangan tangan.
  1. Ambil istirahat singkat setiap 20-30 menit untuk menggerakkan tubuh dan melenturkan otot-otot yang tegang. Selama istirahat, Anda direkomendasikan untuk berdiri, berjalan-jalan, atau melakukan peregangan ringan demi mengurangi ketegangan pada otot.
  1. Pastikan ruang kerja Anda memiliki pencahayaan yang baik—tidak terlalu terang atau terlalu redup. Disarankan untuk mengorganisir area kerja agar lebih leluasa dalam bergerak, juga untuk mengeliminasi kelelahan akibat gerakan yang tidak perlu. Terakhir, pastikan suhu dan ventilasi ruangan tetap nyaman agar tidak mengganggu konsentrasi saat bekerja. 
  1. Kenali batasan diri dan segera infokan apabila mengalami ketidaknyamanan, nyeri, atau masalah kesehatan yang berkaitan dengan ergonomi. Berkonsultasilah dengan tenaga kesehatan atau ahli ergonomi untuk memperoleh saran dan solusi yang tepat.

Meskipun sederhana, implementasi prinsip ergonomi melalui metode-metode di atas telah terbukti untuk mewujudkan lingkungan kerja yang lebih sehat dan produktif. Jadi, apakah Anda akan mencobanya?

Tertarik mempelajari lebih lanjut mengenai konsep, desain, juga tips- lainnya? Kunjungi website ergonomic kami dan temukan inovasi-inovasi terbaik untuk memaksimalkan manfaat ergonomis di lingkungan kerja Anda.