Pengalaman pelanggan (dikenal dengan istilah Customer Experience atau CX) merupakan salah satu faktor penting yang mendorong kesetiaan pelanggan terhadap suatu organisasi. Hal ini mencakup perjalanan pelanggan—sejak awal memasuki suatu sistem, hingga keluar dari sistem tersebut.
Setiap pelanggan tentu memiliki ekspektasi yang ingin dipenuhi. Namun, sebagian besar pelanggan tentu berharap dapat menerima suatu layanan secara cepat, dengan hasil yang memuaskan pula. Riset dari PwC bahkan mengungkap bahwa 86% pelanggan rela membayar lebih untuk pengalaman pelanggan yang berkualitas.
Demi menghadirkan pengalaman pelanggan yang berkualitas, penyedia layanan tertantang untuk memenuhi—bahkan melampaui ekspektasi tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan sistem manajemen antrian yang lebih efektif.
Mengenal Sistem Manajemen Antrian
Sistem manajemen antrian (queue management system), sesuai namanya, merupakan sistem yang berfungsi mengefisienkan sekaligus mengefektifkan manajemen antrian yang ada. Hal ini dikatakan telah optimal apabila telah menawarkan berbagai manfaat bagi pelanggan dalam hal mengantri.
Lantas, Mengapa Sistem Manajemen Antrian Begitu Penting?
Antrian merupakan kejadian yang umum terjadi di kehidupan sehari-hari, baik di bank, stasiun, bioskop, supermarket, maupun kawasan publik lainnya.
Mengantri tergolong sebagai hal yang kurang menyenangkan bagi sebagian besar orang, terlebih apabila dibarengi ketidakpastian untuk mendapatkan suatu layanan. Mengantri, secara teknis, membutuhkan waktu. Sementara, bagi sebagian besar orang, waktu merupakan hal yang berharga. Singkatnya, pelanggan berharap agar waktu mereka dihargai.
Maka penting bagi setiap organisasi untuk mengelola sistem antrian agar lebih efektif dan efisien, demi mengoptimalkan pengalaman pelanggan yang ada.
Hadirkan Pengalaman Mengantri yang Lebih Baik dengan Sistem Manajemen Antrian Cerdas
SMARTQUEUETM adalah solusi cerdas yang menawarkan pengalaman pelanggan berkualitas melalui customer journey yang mengesankan dan efisien.
Dikembangkan sebagai solusi fleksibel bagi seluruh generasi, SMARTQUEUETM hadir sebagai layanan multi-channel yang mencakup channel online maupun offline. Hal ini memudahkan setiap pelanggan dalam memilih channel berdasarkan kebutuhan dan preferensi masing-masing.
Dengan SMARTQUEUETM, Anda dapat memberikan pengalaman mengantri yang lebih baik pada pelanggan Anda, seperti:
- Proses check-in yang praktis dengan mengintegrasikan SMARTQUEUETM pada ticketing kiosk
- Personalisasi layanan serta pengalaman pelanggan yang lebih baik dibantu oleh mobile staff; mulai dari proses check-in, layanan khusus, hingga penjadwalan dan pengambilan tiket antrian
- Manajemen antrian yang lebih efektif dengan fitur “virtual caller”, modul panggilan pelanggan berbasis web untuk menelepon, mengingatkan, dan mentransfer pelanggan
- Tayangan multimedia yang menghibur sekaligus informatif (seperti iklan, acara, maupun pengumuman) dengan mengintegrasikan SMARTQUEUETM pada layar informasi digital.
Selain untuk pelanggan, SMARTQUEUETM juga menawarkan kemudahan bagi Anda dalam meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan, di antaranya dalam:
- Mendesain lebih banyak perencanaan untuk peningkatan layanan didukung oleh analisis berbasis data statistik real-time dan laporan KPI lengkap
- Mempermudah manajemen pada bagian back-office dalam melakukan intervensi saat terjadi gangguan di front-office dengan adanya fitur pengawasan melalui tampilan dasbor
Tertarik untuk mengimplementasikan sistem antrian ini pada bisnis Anda? Hubungi kami melalui telepon pada 1500913 atau melalui email sales@murni.co.id. Anda juga dapat mengunjungi laman ini untuk memperoleh informasi lengkap seputar produk di atas.