Tips Penggunaan Layar Informasi Digital untuk Meningkatkan Awareness COVID-19

PT Murni Solusindo Nusantara

|

April 15, 2020

Meskipun demikian, tetap saja ada karyawan atau pelanggan Anda yang bikin geregetan karena tidak memperhatikan dan melaksanakan pencegahan penyebaran COVID-19 yang diharuskan. Apakah mereka tidak aware?

Nah, tentunya merupakan tanggung jawab Anda sebagai pemilik bisnis yang masih harus beroperasiäóîuntuk memastikan agar seluruh karyawan dan pelanggan Anda mendapatkan awareness yang menyeluruh terkait COVID-19.

Bagaimana caranya?

Well, Anda dapat menggunakan Layar Informasi Digital untuk membantu menyampaikan pesan awareness tersebut. Berikut tipsnya.

1. Tempatkan Layar Informasi Digital di Lokasi-Lokasi Strategis

Meningkatkan Awareness COVID-19

Pastinya Layar Informasi Digital harus ditempatkan di lokasi-lokasi yang, bukan hanya terlihat, namun juga dapat disimak dengan seksama oleh karyawan maupun pengunjung yang lalu lalang.

Perhatikan kualitas Layar Informasi Digital yang digunakan. Misalnya saja, untuk aplikasi outdoor, cari Layar Digital yang tahan terhadap cuaca ekstrim seperti hujan dan panas.

2. Siapkan Konten Yang Informatif dan Menarik

Meningkatkan Awareness COVID-19

Baik penayangan gambar maupun video, konten yang disiapkan tidak boleh membosankan, apalagi susah dimengerti. Ingatlah bahwa kebanyakan orang memiliki durasi attention span yang relatif pendek untuk melihat konten pada Layar Informasi Digital.

Apabila lokasi adalah spot lalu lalang, konten yang singkat dengan infografik yang menarik dan mudah dimengerti tentunya lebih efektif dari konten yang panjang. Lain halnya apabila Layar Digital tersebut ditempatkan di ruang tunggu, yang notabene memberikan waktu yang lebih lama bagi pengunjung untuk menyimak konten yang disajikan.

3. Tayangkan Content Yang Tepat ke Audience Yang Tepat

Meningkatkan Awareness COVID-19

Untuk memastikan bahwa konten yang disajikan efektif dan tepat sasaran, Anda dapat menggunakan Layar Informasi Digital yang memiliki teknologi identifikasi profil audience secara otomatis. Teknologi tersebut memungkinkan sistem untuk mendeteksi profil audience dan merubah tampilan konten yang lebih sesuai. Misalnya saja, apabila Anda adalah pemilik atau pengelola Supermarket, maka Anda dapat menayangkan iklan produk masker khusus pria, wanita maupun anak-anak sesuai dengan jenis kelamin pengunjung yang terdeteksi layar.

Atau, apabila yang terdeteksi adalah orang tua yang rentan terhadap penyakit, maka Anda dapat menampilkan informasi petunjuk, misalnya untuk mengarahkan mereka ke area khusus, dan lain sebagainya.

4. Jadwalkan Penayangan Konten di Layar Informasi Digital Secara Sistematis

Meningkatkan Awareness Corona

Konten untuk meningkatkan awareness COVID-19 tidak harus selamanya menjadi satu-satunya jenis konten yang ditayangkan. Bisnis tetap harus berjalan seperti biasa. Oleh karena itu, tentunya Anda pun memiliki berbagai konten lain yang berhubungan dengan bisnis Anda. Jangan ragu! Tetap tayangkan konten tersebut.

Namun, tentunya Anda harus dapat mengatur jadwal tayang setiap konten dalam setiap Layar Informasi Digital yang ada di seluruh lokasi bisnis Anda. Jadwal tayang tentunya tergantung dari berbagai faktor. Misalnya tren populasi pasien yang positif COVID-19 di daerah tersebut, atau produk-produk yang sedang promo cuci gudang tergantung dari demografik wilayah, dan seterusnya.

Tidak setiap konten cocok untuk ditayangkan di daerah tertentu, maupun ke audience tertentu. Jadi, atur jadwal yang efektif dan sistematis; aktifkan maupun non-aktifkan tayangan tertentu apabila perlu. Layar Digital yang Anda gunakan seharusnya cukup fleksibel untuk mengakomodir penjadwalaan konten tersebut.

5. Hindarkan Distribusi Konten Secara Langsung

Digital Signage

Sekarang, hampir semua hal bisa dilakukan secara online. Terutama di masa darurat COVID-19 begini, jangan instruksikan karyawan untuk melakukan distribusi konten Layar Informasi Digital langsung ke setiap lokasi bisnis Anda. Selain sudah ketinggalan jaman, hal tersebut tentunya meningkatkan resiko penyebaran COVID-19 karena karyawan terkait akan berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain dan bertemu dengan PIC di berbagai lokasi.

Minimalisir mobilitas karyawan! Gunakan Layar Digital yang dapat melakukan distribusi konten secara online. Sehingga Anda dapat memastikan konten dan jadwal tayang untuk masing-masing lokasi dapat disebarkan ke layar-layar terkait, bukan hanya secara real-time, namun juga tanpa perlu membahayakan karyawan Anda.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai Layar Informasi Digital, klik link ini atau hubungi konsultan bisnis kami yang siap untuk memberikan solusi tepat bagi bisnis Anda. Semoga bermanfaat.