Jakarta, PT Murni Solusindo Nusantara – Bank Indonesia akan meluncurkan BI-FAST Payment System untuk segmen pembayaran ritel di tahun 2021. BI-FAST merupakan infrastruktur atau platform yang akan menciptakan sistem pembayaran secara lebih cepat dan efisien.
BI menerapkan BI-FAST Payment System untuk membuat transaksi online atau antarbank secara real time dengan biaya lebih murah dari yang tersedia saat ini.
Harapannya, penerapan BI-FAST Payment System ini bisa mendukung pertumbuhan positif di berbagai sektor seperti di pasar digital atau e-commerce dan uang elektronik.
Selain itu, BI-FAST diharapkan bisa mengakselerasi percepatan sistem pembayaran digital. Dengan begitu, transaksi digital di Indonesia akan meningkat.
Peran Penting BI-FAST Payment System
Mengingat perkembangan teknologi dan preferensi nasabah yang semakin mengarah ke digital, kebutuhan akan infrastruktur pembayaran yang tersedia setiap saat menjadi krusial. Implementasi BI-FAST dapat menjawab kebutuhan tersebut dengan mempercepat waktu kliring dari yang sebelumnya bisa memakan waktu 2 sampai 3 hari menjadi real time.
Oleh karena itu, hadirnya BI-FAST akan mempercepat digitalisasi bidang ekonomi dan keuangan di Indonesia. Tidak hanya itu, hadirnya BI-FAST juga diharapkan dapat menjangkau masyarakat luas melalui pemerataan kualitas layanan online transfer di setiap bank. Dengan begitu, ini akan sangat bermanfaat untuk setiap pihak yang terlibat termasuk nasabah.
Saat ini, biaya transfer ke rekening bank lain adalah sebesar Rp 6,500,- karena bank menggunakan jasa ATM switching company. Namun dengan implementasi BI-FAST, biaya per transaksi hanya membutuhkan biaya sekecil-kecilnya Rp 1 per transaksi.
Hal Utama yang Wajib Bank Perhatikan
Bank Indonesia mewajibkan Bank untuk segera mempersiapkan infrastruktur CI Connector dan sistem pendukung dalam penerapan BI-FAST. Ini bertujuan agar Bank dapat mengimplementasikan BI-FAST dengan lebih lancar dan mudah.
Mengingat BI-FAST merupakan sistem pembayaran nasional yang critical, Bank harus menggunakan infrastruktur dan sistem pendukung yang kompeten. Kedua faktor ini harus menjadi satu kesatuan solusi yang dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa kendala.
Selain pemilihan infrastruktur CI Connector dan sistem pendukung yang tepat, pemilihan Vendor juga tidak kalah krusial. Berikut ini merupakan sejumlah aspek utama lainnya yang perlu Bank pertimbangkan:
1. Pengalaman dan Kompetensi dalam Menangani Proyek Sejenis
Seperti yang kita ketahui, pengalaman dan kompetensi Vendor dapat menjadi acuan bagi Anda untuk memakai jasanya. Ketika Vendor kompeten dan berpengalaman, Anda pasti akan merasa tenang karena telah mempercayakan proyek critical pada ahlinya.
Dengan demikian, pastikan bahwa Vendor yang Anda pilih telah berpengalaman dan kompeten di bidang sistem pembayaran nasional Bank Indonesia untuk menjamin keberhasilan implementasi BI-FAST.
2. Dukungan Langsung dari Principal
Untuk menjamin keaslian hardware dan software serta kelancaran proyek, pilihlah Vendor sudah mendapatkan dukungan penuh dari Principal. Pelatihan (training), garansi purna jual, dan pemeliharaan hardware / software juga dapat berjalan dengan lebih optimal.
3. Tenaga Support yang Kompeten di Seluruh Wilayah Indonesia
Selain pengalaman dan dukungan langsung dari Principal, hal yang perlu Anda perhatikan adalah kompetensi tenaga support dari Vendor. Pastikan Vendor memiliki tenaga support yang telah memiliki pengalaman langsung dalam menangani proyek sejenis dan siap mendukung selama 24/7.
Selain itu, ketersediaan tenaga support dan service yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia juga penting. Ketika Vendor tersebut memiliki tenaga support dan Titik Layanan di beberapa lokasi, hal ini tentunya akan menjamin respon dan waktu penyelesaian yang lebih cepat jika terjadi kendala.
4. Didukung oleh In-House Software Development & System Integration Team
Hal ini memastikan pengembangan solusi yang berkualitas serta dukungan yang cepat & profesional untuk memenuhi kebutuhan khusus dan proses bisnis, termasuk kustomisasi, enhancement, dan future direction sesuai kebutuhan.
5. Layanan Purna Jual yang Menyeluruh
Kelancaran dan keberlangsungan sebuah proyek harus tetap terjaga khususnya setelah implementasi, apalagi untuk proyek sistem pembayaran yang critical seperti BI-FAST.
Selain memberikan layanan implementasi yang profesional, Vendor juga harus siap memberikan layanan purna jual yang menyeluruh mulai dari pelatihan (training), garansi, pemeliharaan (maintenance), bahkan hingga troubleshooting dan pembaruan (update) hardware/ software.
Mengapa Memilih PT Murni sebagai Vendor Implementasi BI-FAST?
PT Murni Solusindo Nusantara (PT Murni) sebagai perusahaan yang bersertifikasi ISO 9001:2015 dan telah dipercaya oleh Bank Indonesia sejak tahun 1990 hingga saat ini, siap mendukung bank dalam percepatan dan kelancaran implementasi BI-FAST.
PT Murni juga telah berpengalaman sebagai pengembang dan system integrator SKNBI yang merupakan sistem pembayaran nasional yang critical dan berdampak sistemik (very high availability) untuk seluruh Bank di seluruh Indonesia.
Selain itu, PT Murni juga memiliki cakupan layanan berskala nasional dengan 75+ Titik layanan di seluruh Indonesia dan dukungan helpdesk selama 24/7. Dengan dukungan dari 200+ teknisi internal dan in-house software development & system integration team, PT Murni dapat memberikan layanan dan dukungan secara maksimal.
Untuk semakin mendukung kesiapan seluruh Bank dalam mengikuti sistem pembayaran BI-FAST, PT Murni juga menawarkan infrastruktur CI Connector & sistem pendukung BI-FAST sebagai turnkey solution yang reliable dan cost-effective serta tersedia dengan outright purchase atau managed services.
Berikut ini merupakan infrastruktur CI Connector dan sistem pendukung BI-FAST yang kami sediakan:
1. Infrastruktur CI Connector
- Hardware Server: HP/ Dell
- Hardware Security Module (HSM): Thales
- Operating System: RedHat
- Database: Oracle
PT Murni telah mendapatkan dukungan penuh dari masing-masing Principal untuk implementasi di Indonesia.
2. Aplikasi middleware SMARTGATEWAY™
PT Murni mengembangkan SMARTGATEWAY™ aplikasi penghubung antara sistem BI-FAST dengan Core Banking System (CBS) tanpa membutuhkan modifikasi atau dengan modifikasi yang seminimal mungkin dari sisi Bank.
Hingga saat ini, SMARTGATEWAY™ sukses diimplementasikan di beberapa negara seperti Malaysia, Myanmar, dan Filipina serta sudah live untuk transaksi Fast Payment, RTGS, SWIFT, dan transaksi lainnya yang telah memenuhi standar pembayaran ISO20022.
Bank tentunya akan sangat selektif dalam menentukan Vendor yang tepat dan berpengalaman untuk implementasi BI-FAST yang sangat critical. Namun, tidak perlu ragu dan bingung lagi.
PT Murni, sebagai pengembang dan system integrator SKNBI untuk Bank Indonesia maupun Bank komersial di seluruh Indonesia, dapat memastikan implementasi BI-FAST berjalan dengan lebih cepat dan lancar tanpa kendala.
Untuk berkonsultasi langsung dengan tim konsultan kami, silakan hubungi kami melalui e-mail BI-FAST@murni.co.id.