PT Murni Siap Mendukung Digitalisasi dan Transformasi Bisnis Bersama StarFIN Asia

Digital Content Writer

|

April 11, 2022

Jakarta, April 2022 – PT Murni Solusindo Nusantara (PT Murni) dan StarFIN Asia Sdn Bhd (StarFIN) – dua perusahaan teknologi terkemuka yang berpengalaman dalam mengembangkan solusi sistem pembayaran canggih untuk industri perbankan dan keuangan – melakukan joint venture dan mendirikan perusahaan di Indonesia bernama PT Murni Bintang International (MBI).

Dengan perkembangan teknologi yang kian pesat dan perannya yang semakin penting untuk berbagai aspek bisnis, kebutuhan untuk mempercepat transformasi digital agar perusahaan tetap kompetitif di industrinya menjadi semakin tinggi.

PT Murni sebagai solution provider dengan pengalaman lebih dari 30 tahun dalam mengembangkan berbagai sistem pembayaran untuk Bank Indonesia dan berbagai bank besar di Indonesia, senantiasa berinovasi untuk mendukung transformasi digital di Indonesia.

StarFIN Asia, sebagai market leader dengan kesuksesan implementasi di Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Pakistan, dan negara-negara Asia lainnya, hendak memperluas bisnis mereka lebih jauh dengan memasuki pasar Indonesia. Sebagai negara berpenduduk terbesar ke-4 (277 juta) di dunia, Indonesia memiliki potensi pasar yang sangat besar dengan lebih dari 100 bank, 1.000 lembaga keuangan non-bank, dan lebih dari 60 juta UKM.

Oleh karena itu, dengan mendirikan MBI, PT Murni dan StarFIN Asia berkomitmen untuk semakin memperluas bisnis mereka di Indonesia dan pasar global dengan menggabungkan keahlian & pengalaman masing-masing di bidang digitalisasi. Kedua perusahaan berharap bahwa kerja sama ini dapat memberikan dampak positif untuk bisnis dalam segala industri serta semakin meningkatkan solusi milik keduanya yang sudah banyak dikenal dan sukses diimplementasikan sebelumnya.

Untuk proyek pertamanya, MBI telah mengembangkan solusi SMARTGATEWAY™ untuk transaksi pembayaran BI-FAST. SMARTGATEWAY™ adalah aplikasi siap pakai yang menghubungkan Core Banking System (CBS) dengan sistem BI-FAST Bank Indonesia tanpa membutuhkan modifikasi atau dengan modifikasi yang seminimal mungkin pada sistem internal.

Solusi MBI selanjutnya adalah penyempurnaan SMARTQUEUE®, solusi customer experience dari PT Murni, dengan e-KYC dan sistem verifikasi tanda tangan. Solusi ini akan menjadi game changer dalam meningkatkan customer experience dan mempercepat proses digital onboarding di Indonesia dan dunia. Solusi ini juga diharapkan dapat mempercepat transformasi digital sembari memberikan keamanan dan manfaat maksimal untuk semua pihak.

MBI juga akan memperkenalkan solusi Robotic Process Automation (RPA) untuk mempercepat hadirnya UKM Industri 4.0 dengan menghilangkan proses manual dan meminimalkan kesalahan manusia dengan penggunaan software robot.

Joint venture ini juga merupakan bagian dari ekspansi bisnis PT Murni menuju IPO. Dengan dukungan berbagai solusi digital yang sudah dimiliki PT Murni seperti solusi end-to-end customer experience, solusi digital signage berteknologi AI, solusi self-service yang inovatif, layanan digital marketing, dan masih banyak lainnya, PT Murni berkomitmen untuk membantu setiap bisnis dari berbagai industri untuk mempercepat transformasi digital.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami melalui email di info@murni.co.id.