Sistem Manajemen Antrian: Investasi Berharga untuk Fasilitas Kesehatan?

PT Murni Solusindo Nusantara

|

Juni 14, 2024

Manajemen Antrian di Fasilitas Kesehatan.
Manajemen Antrian di Fasilitas Kesehatan. Sumber: Freepik

Mengelola arus pasien yang tinggi adalah salah satu tantangan besar yang dihadapi fasilitas kesehatan. Antrian yang panjang dan ketidakjelasan proses dapat menyebabkan ketidakpuasan pasien dan penurunan produktivitas staf. Oleh karenanya, pengelolaan antrian pasien yang efisien sangatlah penting.

Sistem manajemen antrian hadir sebagai solusi yang menjanjikan. Namun, apakah sistem ini merupakan pilihan yang tepat bagi fasilitas kesehatan?

Manfaat Sistem Manajemen Antrian

Ilustrasi Pasien yang Puas dengan Kualitas Layanan Kesehatan.
Ilustrasi Pasien yang Puas dengan Kualitas Layanan Kesehatan. Sumber: qmatic

Sistem manajemen antrian menawarkan berbagai manfaat bagi fasilitas kesehatan, di antaranya:

Mengurangi waktu tunggu pasien

Dengan sistem ini, pasien dapat membuat janji kunjungan dan mendaftar secara daring, sehingga tidak perlu mengantri secara fisik. Dengan demikian, pasien bisa mendapatkan pelayanan medis dengan waktu tunggu yang lebih singkat.

Meningkatkan kepuasan pasien

Dengan sistem manajemen antrian, pasien bisa mendapatkan informasi dan perkiraan waktu tunggu, sehingga mereka dapat menyesuaikan waktu kunjungan. Hal ini tentunya akan meningkatkan kepuasan pasien dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi mereka.

Meningkatkan efektivitas kinerja staf

Sistem manajemen antrian mempermudah urusan administrasi, sehingga staf bisa lebih fokus untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada pasien.

Mengoptimalkan proses pelayanan medis

Sistem ini dapat mengumpulkan data-data penting, seperti volume pasien, waktu tunggu, kualitas layanan, dan kendala-kendala yang dihadapi. Dengan demikian, fasilitas kesehatan dapat mengetahui hal-hal apa saja yang perlu ditingkatkan untuk mengoptimalkan proses operasional.

Masalah-Masalah yang Mungkin Timbul dari Penggunaan Sistem Manajemen Antrian

Ilustrasi Antrian Pasien di Fasilitas Kesehatan.
Ilustrasi Antrian Pasien di Fasilitas Kesehatan. Sumber: Freepik

Walaupun sistem manajemen antrian memiliki banyak manfaat, ada beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan:

Kompleksitas sistem

Jika belum terbiasa, pasien dan staf mungkin merasa sistem ini membingungkan. Hal ini dapat memperlambat proses pelayanan dan menimbulkan rasa frustrasi. Untuk menghindari ini, fasilitas kesehatan harus memastikan bahwa sistem manajemen antrian yang digunakan mudah dipahami dan mudah digunakan, serta memberikan pelatihan yang memadai untuk staf.

Permasalahan teknis

Sistem manajemen antrian bergantung pada teknologi dan terkadang bisa terjadi gangguan. Masalah teknis seperti ini dapat memperlambat proses operasional dan menyebabkan ketidaknyamanan bagi pasien.

Tidak terintegrasi dengan baik

Jika sistem manajemen antrian tidak terhubung dengan baik ke sistem lain ─ contohnya, rekam medis elektronik ─ hal ini dapat menyebabkan ketidaksesuaian data yang dapat menghambat proses operasional.

SMARTQUEUE®: Solusi Ideal untuk Fasilitas Kesehatan

SMARTQUEUE®, sistem manajemen antrian dari dapat membantu mengatasi berbagai tantangan yang sering dihadapi oleh fasilitas kesehatan.

Sebagai sistem manajemen antrian omnichannel, SMARTQUEUE® berfokus pada peningkatan dan mendukung pertumbuhan secara berkelanjutan. Dengan beragam fitur yang dimilikinya, sistem ini dapat melancarkan alur pasien, mengoptimalkan proses operasional, dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pasien.

Berikut beberapa fitur unggulan SMARTQUEUE® yang bermanfaat bagi fasilitas kesehatan:

Integrasi sempurna

SMARTQUEUE® dapat terintegrasi sepenuhnya dengan sistem kesehatan yang sudah ada, sehingga data tetap akurat dan proses operasional berjalan lancar.

Interface (antarmuka) yang mudah digunakan dan kemampuan multibahasa

SMARTQUEUE® dapat diakses dalam berbagai bahasa dengan antarmuka yang simpel dan mudah dipahami. Hal ini akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pasien maupun staf.

Pemantauan secara real-time dan pelaporan terpusat

SMARTQUEUE® dapat mengumpulkan data-data penting, seperti volume pasien, waktu tunggu, kualitas layanan, kinerja staf, dan metrik penting lainnya di lokasi pusat maupun cabang. Dengan data-data tersebut, fasilitas kesehatan dapat mengidentifikasi aspek-aspek mana saja yang perlu diperbaiki dan membuat keputusan berbasis data untuk mengoptimalkan proses operasional.

Beragam opsi untuk mendaftar layanan medis

SMARTQUEUE® menyediakan berbagai pilihan check-in untuk pasien, mulai dari antrian virtual, kios pengambilan nomor antrian secara mandiri, hingga layanan staf concierge. Dengan begitu, pasien bisa memilih metode yang paling nyaman dan sesuai bagi mereka. Hal ini tentunya akan meningkatkan pengalaman dan kepuasan pasien.

SMARTQUEUE® juga menawarkan berbagai fitur menarik lainnya seperti Virtual Caller, Layar Multimedia, Kustomisasi, dan beberapa modul tambahan seperti Notifikasi SMS, Sistem Penjadwalan Kunjungan secara Daring (Appointment Booking), dan Solusi Umpan Balik Pelanggan.

Untuk info lebih lanjut tentang SMARTQUEUE®, klik di sini atau hubungi kami di info@murni.co.id.

Butuh bantuan menemukan solusi yang tepat untuk Anda?

Kami siap membantu

1500913                                            sales.office@murni.co.id