Salah satu faktor resiko penyebaran COVID-19 adalah penggunaan layar digital interaktif (touchscreen display). Meskipun demikian, mengoptimalkan layar digital dalam operasional bisnis dalam masa darurat COVID-19 malah akan menguntungkan Anda!
Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan dalam penggunaan layar digital Anda.
1. Sterilisasi Layar Digital Interaktif Anda Secara Rutin
Layar digital interaktif merupakan contact surface yang cukup sering dipegang oleh staf maupun pengunjung. Konten yang menarik tentunya akan sangat mengundang orang untuk berinteraksi dengan layar tersebut.
Oleh karena itu, Anda wajib meningkatkan metode dan frekuensi sterilisasi layar digital Anda. Caranya? Semprotkan campuran air dan alkohol ke kain majun atau microfiber. Usapkan kain secara perlahan ke seluruh permukaan layar, kemudian gunakan bagian kain yang kering untuk mengeringkan kelembaban. Voila! Layar digital Anda sudah bebas kuman.
Penggunaan tisu basah disinfektan tidak direkomendasikan karena terlalu basah dan berpotensi menyebabkan kerusakan pada layar.
2. Sediakan Pos-Pos Sanitasi Telapak Tangan
Anda dapat menyediakan pos-pos kecil tempat hand sanitizer di lokasi-lokasi strategis. Salah satunya di dekat layar digital, terutama apabila layar sentuh.
Alangkah lebih baik apabila siapapun yang masuk ke wilayah bisnis Anda diwajibkan mencuci tangan dan menjalani pemeriksaan suhu badan.
Sekarang ini, ada lho layar digital dengan teknologi hand sanitizer otomatis, cari tahu lebih lanjut di sini.
3. Sebarkan Konten Multimedia Secara Online
Apabila teknologi layar digital Anda mendukung, lakukan update konten secara online, misalnya dari Kantor Pusat saja, tanpa perlu ke lokasi dan bersentuhan langsung dengan layar tersebut. Kurangi mobilitas staf dan minimalisasi surface contact yang tidak perlu dilakukan!
4. Tayangkan Informasi Untuk Meningkatkan Awareness COVID-19
Untuk memenuhi tanggung jawab Anda terhadap keselamatan dan kesehatan karyawan, pelanggan, atau pengunjung bisnis Anda, Anda dapat memanfaatkan layar digital untuk menayangkan pesan-pesan awareness terkait COVID-19. Bagaimana pencegahannya, meminimalisir penyebarannya, tindak lanjut ketika teridentifikasi gejala, dan sebagainya.
5. Jadwalkan Konten Yang Tepat Sasaran
Iklan-iklan promosi produk dan layanan Anda tetap dapat ditayangkan pada layar digital Anda, namun tentunya harus diperhatikan efektivitas sebaran dan penjadwalan konten. Konten di wilayah di mana Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah diberlakukan bisa jadi berbeda dengan konten layar di wilayah lainnya.
Misalnya saja, daerah yang telah memberlakukan PSBB kemungkinan memiliki tingkat penyebaran COVID-19 yang cukup tinggi dibandingkan daerah lainnya. Tentunya, penjadwalan konten untuk peningkatan awareness COVID-19 harus lebih intensif. Di samping tentunya tetap menayangkan konten-konten lain yang bersifat promosi.
Demikian sekilas tips bagaimana mengoptimalkan layar digital Anda di masa-masa darurat COVID-19 ini. Untuk informasi lebih lanjut, klik tautan berikut untuk menghubungi konsultan solusi layar digital yang tepat.