Ingin Tahu Kebutuhan dan Harapan Pelanggan? Ikuti 3 Langkah Ini!

Digital Content Writer

|

Januari 25, 2024

Sumber: Rawpixel.com – Freepik

Seiring perkembangan zaman, persaingan menjadi semakin ketat dari sebelumnya. Oleh karena itu, penting untuk menjadikan sebagai prioritas utama. Untuk menjaga , Anda perlu memenuhi kebutuhan dan harapan mereka. Namun, keduanya terus berubah. Lalu, bagaimana Anda bisa tetap memenuhinya?

Anda bingung harus mulai dari mana? Inilah 3 langkah utama yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui kebutuhan dan harapan pelanggan yang terus berubah:

  1. Bersikap proaktif

Sering kali, komunikasi antara perusahaan dan pelanggan terjadi hanya ketika ada keluhan dari pihak pelanggan. Oleh karenanya, perusahaan harus bersikap proaktif untuk memahami kebutuhan dan harapan pelanggan. Jadilah yang pertama untuk mengajukan pertanyaan. Ketika Anda meminta pendapat pelanggan tentang harapan mereka terhadap perusahaan Anda, mereka akan melakukannya dengan senang hati. Dengan demikian, perusahaan Anda dapat mengetahui kebutuhan dan harapan pelanggan dengan mudah dan akurat.

  1. Terbuka terhadap kritik yang membangun

Jangan patah semangat atau menutup telinga saat mendapatkan umpan balik negatif dari pelanggan. Sebenarnya, umpan balik negatif tersebut adalah sebuah berkah yang tersembunyi. Jadikanlah kritik tersebut sebagai kesempatan untuk belajar tentang aspek-aspek yang perlu diperbaiki. Dengan kritik yang membangun tersebut, Anda dapat mengetahui apa yang diharapkan pelanggan dari perusahaan Anda secara tepat. Dengan demikian, Anda dapat melakukan penyesuaian untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan agar mereka merasa puas.

  1. Mengkaji laporan analisis

Dengan menganalisis kumpulan data selama periode waktu tertentu, Anda dapat mengetahui apa yang diinginkan, dibutuhkan, dan diharapkan oleh pelanggan terhadap perusahaan Anda. Lalu, data seperti apa yang dapat memberikan wawasan tentang kebutuhan dan harapan pelanggan? Data mengenai , (/CX), penjualan, bahkan produktivitas dapat mengungkap banyak informasi jika Anda mempelajarinya dengan baik. Dalam hal ini, semakin rinci data yang Anda miliki, semakin tepat pula Anda dalam mengenali kebutuhan dan harapan pelanggan.

Setelah mengetahui 3 langkah yang perlu diambil untuk mengidentifikasi kebutuhan dan harapan pelanggan, kini saatnya Anda menerapkannya! Dengan bantuan yang disebut SMARTSURVEYS™, Anda dapat mengimplementasikan 3 langkah di atas dengan mudah.

Kenali Kebutuhan dan Harapan Pelanggan dengan Akurat dan Mudah Menggunakan SMARTSURVEYS™

SMARTSURVEYS™ adalah sebuah perangkat lunak yang dirancang untuk mengumpulkan pendapat, saran, dan preferensi pelanggan secara efektif dan dalam waktu nyata (real-time). Berbagai fitur unggulan disediakan SMARTSURVEYS™, menjadikannya solusi yang tepat jika perusahaan Anda ingin mengetahui kebutuhan dan harapan pelanggan dengan mudah dan akurat.

Dengan SMARTSURVEYS™, pengumpulan informasi menjadi lebih mudah dan efektif, sehingga dapat membantu perusahaan Anda mencapai target tertentu. SMARTSURVEYS™ dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan, termasuk di antaranya:

  • Kustomisasi

SMARTSURVEYS™ memungkinkan Anda untuk menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Anda dapat menentukan apakah tersebut mencakup pertanyaan-pertanyaan umum (misalnya, kesan pelanggan terhadap perusahaan Anda secara umum) atau pertanyaan-pertanyaan yang lebih spesifik (misalnya, pendapat pelanggan terkait layanan tertentu yang mereka terima). Selain itu, SMARTSURVEYS™ memberikan Anda kebebasan untuk menentukan apakah pertanyaan-pertanyaan tersebut wajib dijawab atau opsional.

  • Berbagai format pertanyaan

SMARTSURVEYS™ menyediakan beragam format pertanyaan yang dapat Anda gunakan, termasuk pilihan ganda, pertanyaan ya/tidak, pertanyaan dengan jawaban singkat, pertanyaan terbuka, skala kepuasan, dan emotikon. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan format yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda saat ini.

  • Laporan yang terperinci dan komprehensif

Perusahaan Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari laporan lengkap yang dihasilkan SMARTSURVEYS™. Laporan-laporan terperinci yang mudah dipahami tersebut dapat membantu pertumbuhan perusahaan secara umum dan mengungkap kebutuhan serta harapan pelanggan.

SMARTSURVEYS™ juga dilengkapi dengan berbagai fitur lain yang sangat bermanfaat bagi perusahaan Anda. Untuk mengidentifikasi kebutuhan dan harapan pelanggan dengan mudah dan akurat, percayakanlah pada Solusi Umpan Balik Pelanggan SMARTSURVEYS™.


Butuh bantuan menemukan solusi yang tepat untuk Anda?

Kami siap membantu

Customer Experience Illustration