Menelusuri Media Promosi: Antara Layar Informasi Digital VS Banner Konvensional

PT Murni Solusindo Nusantara

|

November 23, 2020

Jika Anda sudah memiliki produk atau solusi yang bagus serta tim dengan keahlian yang mumpuni, jangan mengesampingkan aspek media yang diperlukan untuk mendukung strategi promosi guna menghasilkan konversi yang tinggi.

Kali ini kita akan fokus membahas media promosi untuk mendukung keberhasilan promosi produk atau solusi Anda yang biasanya digunakan hampir di segala sektor , yaitu banner konvensional dan layar informasi digital.

Banner

Banner merupakan media pemasaran atau promosi yang masih digemari para pemilik karena tampilannya yang simpel dan menarik. Biasanya kita sering menemukan banner di suatu gelaran acara, mal, atau toko-toko ritel.

Banner sendiri memiliki banyak jenis seperti x banner, roll up banner, dan hanging tripod banner. Dari segi ukuran, Anda juga dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Demikian beberapa contohnya:

Hanging Tripod Banner

3 Digital Display Solution Mengambil Alih Traditional Marketing Banner

Foto: uprint

X-Banner

3 Digital Display Solution Mengambil Alih Traditional Marketing Banner

Foto: detiknews

Roll Up Banner

3 Digital Display Solution Mengambil Alih Traditional Marketing Banner

Foto: printpro

Berikut ini keunggulan mencetak banner untuk mendukung kelancaran Anda:

1. Praktis dan mudah dipindahkan

Pemasangan banner tidak sesulit atau ribet seperti yang kita bayangkan. Jasa pencetakan banner yang ada sekarang sudah menyediakan kerangka standing-nya.

Kerangka banner juga tergolong ringan sehingga banner dapat dipindahkan ke tempat yang Anda inginkan. Kerangka pun dapat digunakan kembali untuk poster baru.

2. Biaya produksi terjangkau

Biaya produksi banner sangat beragam dan relatif terjangkau. Pilih jenis banner yang sesuai dengan anggaran belanja perusahaan.

Untuk kisaran harga, banner roll up dipatok mulai dari 200 ribuan; x banner 35 ribuan, dan tripod banner 200 ribuan.

Layar Informasi Digital

Di era digital sekarang ini, kita sudah sering menjumpai layar informasi digital atau yang lebih dikenal dengan sebutan bahasa asingnya Digital Signage.

Layar digital merupakan media tampilan elektronik yang telah digunakan secara global sebagai alat untuk meningkatkan komunikasi dan menampilkan iklan yang menarik.

Media ini sangat cocok diimplementasikan di berbagai sektor bisnis termasuk perusahaan, institusi pendidikan, ritel, transportasi, kesehatan, layanan pemerintah, dsb.

Yang membuat media layar informasi digital berkembang semakin pesat adalah fakta bahwa layar digital terlihat lebih menarik daripada iklan yang ditampilkan pada banner cetak, iklan daring, ataupun televisi.

Banyaknya sektor bisnis yang mulai mengadopsi solusi layar digital sebagai media distribusi informasi tidak terlepas dari beberapa statistik menarik bahwa digital signage:

– Meningkatkan brand awareness sebanyak 47,7%

– Memungkinkan 4 dari 5 brand mengalami kenaikan penjual sebanyak 33%

– Menambah rata-rata 4,75% pendapatan dari penjualan tahunan sebuah bisnis ritel

– Meningkatkan angka pembelian tak terencana hingga 80% pada bisnis restoran

Selain data statistik yang telah disebutkan di atas, layar informasi digital juga memiliki sejumlah kelebihan lain yang tidak dimiliki banner dalam menampilkan konten promosi, pengumuman, maupun informasi internal.

1. Konten yang fleksibel

Anda ingin menampilkan konten dalam berbagai format bahasa dan multimedia? Jika ya, layar informasi digital merupakan jawaban yang tepat. Dengan solusi ini, Anda dapat menampilkan konten dalam format grafik, teks animasi, teks berjalan, video, media sosial, streaming, dll.

2. Pembaruan konten terpusat

Solusi layar informasi digital yang baik biasanya dilengkapi CMS (Content Management System/Sistem Manajemen Konten) yang memungkinkan distribusi konten secara terpusat ke seluruh layar atau kelompok layar tertentu melalui satu perangkat yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Dengan demikan, di mana pun Anda berada, konten dapat selalu ter-update tanpa perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk distribusi.

3. Penayangan informasi darurat

Jika dalam suatu keadaan Anda perlu menampilkan informasi atau pengumuman dengan tingkat urgensi tinggi, Anda dapat menginterupsi playlist yang sedang berjalan untuk menayangkan informasi/konten darurat tersebut secara real-time.

4. Integrasi sistem fleksibel

Soal integrasi Anda tidak perlu khawatir, sebab solusi layar digital juga dapat diintegrasikan dengan sistem lain seperti media sosial, prakiraan cuaca, IPTV, wayfinder, dll. Jadi, Anda bisa terus menampilkan berita terkini tanpa perlu membuat konten baru secara terus-menerus.

5. Kemampuan identifikasi Pelanggan/Nasabah

Untuk meningkatkan engagement maupun peluang konversi, Anda harus menayangkan konten yang sesuai kepada audiens. dan Solusi layar informasi digital yang dilengkapi dengan intelijensi artifisial (Artificial Intelligence) dapat mengenali Pelanggan Anda (berdasarkan jenis kelamin, usia, arah pandangan, dan ekspresi wajah mereka) dan mengubah konten/iklan yang lebih spesifik untuk audiens secara real-time.

6. Sistem analisis cerdas

Selain mampu mengenali Pelanggan/Nasabah, CMS dari solusi layar informasi digital juga memungkinkan Anda memantau status pengiriman konten dan status perangkat keras secara aktual serta menghasilkan laporan data historis playlist dan identifikasi Pelanggan.

7. Efisiensi operasional

Mencetak banner berbahan flexi China atau flexi Korea memang lebih murah dibandingkan dengan membeli layar digital berkualitas.

Namun, tak dapat dipungkiri bahwa uang yang Anda keluarkan untuk satu unit layar digital sangatlah sepadan, sebab layar digital memiiki durabilitas yang lebih tinggi dan manajemen kontennya pun fleksibel, sehingga Anda tidak perlu mencetak tiap konten promosi baru.

Jadi, Anda masih ingin mengandalkan media promosi konvensional saja atau mulai mengikuti kemajuan teknologi?

Dengan mengimplementasikan solusi layar informasi digital yang andal dan fleksibel, urusan promosi bisnis Anda bisa dilakukan dengan lebih efisien dan efektif.

Cari tahu lebih lanjut mengenai solusi layar informasi digital kami, PT Murni, dengan klik di sini. Kami juga menyediakan berbagai pilihan perangkat keras layar digital dengan sederet spesifikasi canggihnya.

Atau, Anda dapat langsung menghubungi konsultan ahli kami di nomor 1500-931.

Customer Experience Illustration