Mengembangkan Bisnis dengan Memindahkan Layanan ke Kios Self-Service

PT Murni Solusindo Nusantara

|

November 23, 2020

Bukankah yang demikian sudah cukup old-skool (baca: lawas)?

Di era industri 4.0 ini, Anda tidak bisa hanya mengandalkan sistem layanan konvensional jika ingin memajukan . Anda perlu beralih ke ranah digital untuk bertahan di tengah gelombang persaingan global.

Selain itu, terlepas dari persaingan global, Anda juga harus memperhitungkan dampak pandemi COVID-19 seperti larangan berkerumun, perpendekan jam operasional kerja, pengurangan pengunjung serta staf jaga, hingga penutupan tempat usaha bila ditemukan staf yang terinfeksi COVID-19.

Kesimpulannya, semua sektor dituntut untuk lebih kreatif dalam mempertahankan eksistensinya.

Dan salah satu cara mempertahankan eksistensi yaitu dengan mengefisiensi sejumlah aspek, khususnya layanan.

Lantas, bagaimana Anda meningkatkan efisiensi guna mempertahankan eksistensi di tengah layanan persaingan bisnis yang semakin sengit?

Pandemi atau tidak, ibaratkan nahkoda yang tengah mengarungi lautan dalam keadaan cuaca burukäóîkapal mengalami kebocoran akibat diombang-ambing oleh ombak dan diterjang badaiäóîbegitu juga para pemilik usaha yang berjuang melalui fase resesi ekonomi saat ini.

Di sini pilihan si nahkoda dan awak kapal hanya ada dua: Biarkan perahu tenggelam atau Bergotong-royong menambal kebocoran.

Demikian pilihan pemilik usaha agar mampu melewati masa sulit ini juga hanya ada dua: Mati atau Berubah.

Salah satu perubahan yang dapat Anda lakukan adalah dengan meningkatkan efisiensi layananäóîberalih dari layanan konter ke layanan self-service.

Beberapa contoh teknologi self-service yang kerap kita temukan antara lain; Automatic Teller Machines (ATMs), Pemindai Barcode Supermarket, Layanan Bank Daring, Kios Booking, dan Kios Self-Service.

Menurut analisis riset pasar terkini, teknologi self-service akan menyumbang sekitar 476 miliar rupiah bagi ekonomi global dalam beberapa tahun ke depan.

Dari data tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa teknologi ini telah menjadi hal yang wajib untuk mulai diadopsi.

Teknologi self-service itu sendiri merupakan pilihan untuk memindahkan layanan konter yang dikerjakan staf menjadi layanan mandiri yang didukung perangkat canggih.

Kendati demikian, bukan berarti perusahaan atau toko yang mengadopsi jenis layanan ini berarti tidak memiliki staf/pelayan, sebab beberapa profesi masih tidak dapat digantikan dengan mesin. Sebagai contoh, tim kreatif, penjualan, pengembangan web, dsb.

Hanya saja dengan beralih ke teknologi self-service, volume stafäóîterutama di bagian front-officeäóîdapat dikurangi guna mengefisiensi biaya operasional dan mengoptimalkan layanan yang lebih modern serta efektif.

Berikut sejumlah manfaat yang akan bisnis Anda rasakan dari implementasi teknologi self-service.

1. Menghemat sumber daya

Salah satu manfaat utama implementasi teknologi self-service yaitu perannya dalam menghemat sumber daya, terutama dari segi efisiensi biaya operasional.

Sebagai contoh, keperluan transaksi setor/tarik tunai kini dapat dilakukan melalui mesin self-service yang tersebar di berbagai tempat umum seperti mal, SPBU, minimarket, halte, dsb.

2. Meningkatkan citra perusahaan

Investasi yang Anda lakukan untuk implementasi mesin self-service bukanlah tanpa keuntungan dari segi peningkatan citra perusahaan.

Mesin self-service menawarkan solusi layanan mandiri yang memberikan akses layanan lebih cepat, efektif serta paling cocok untuk gaya hidup dan kebutuhan Pelanggan.

Jadi, semakin banyak pelanggan yang senang dengan pengembangan pelayanan bisnis Anda, semakin bagus citra perusahaan Anda.

3. Meningkatkan Produktivitas Layanan

Manfaat lainnya dari penerapan mesin self-service adalah pelayanan yang cepat sehingga produktivitas layanan Anda meningkat, Anda dapat melayani lebih banyak Pelanggan tanpa tambahan SDM.

Di sisi lain, layanan yang cepat juga meningkatkan kepuasan Pelanggan Anda akan servis yang diberikan sehingga memunculkan potensi referral yang lebih tinggi.

Untuk mewujudkan implementasi kios self-service terbaik bagi bisnis Andaäó?

PT Murni menyediakan solusi self-service menyeluruh yang mencakup automatisasi layanan transaksi tunai di konter Teller dan setoran tunai self-service yang dapat diimplementasikan di bank, ritel, dsb.

Beberapa kios self-service andalan kami adalah sebagai berikut:

Mesin Deposit Uang DE-100

Mengembangkan Bisnis dengan Memindahkan Layanan ke Kios Self-Service

Glory DE-100 merupakan solusi self-service mesin setor uang kertas yang dapat diaplikasikan untuk pembayaran mandiri di bagian front-office atau setoran hasil akhir hari di back-office.

Dengan menyediakan berbagai metode identifikasi Pelanggan dan fitur pemrosesan uang tunai otomatis, mesin deposit uang kertas ini memungkinkan Pelanggan atau staf untuk menyetor uang secara mandiri.

Mesin Deposit Uang Bulk GDB-100

Mengembangkan Bisnis dengan Memindahkan Layanan ke Kios Self-Service

Glory GDB-100 merupakan mesin deposit uang kertas berkapasitas besar yang dilengkapi fungsi autentikasi dan sortir ke dalam kaset penyimpanan.

Solusi deposit uang ini memfasilitasi setoran uang kertas dalam jumlah besar secara self-service untuk memberikan pengalaman setor uang yang lebih efisien tanpa bantuan staf dan mengeliminasi antrian yang panjang di konter front-office.

Mesin Pencetak Buku Tabungan & Rekening Koran

SMARTPRINTmerupakan solusi yang didesain khusus untuk memungkinkan pencetakan buku tabungan & rekening koran secara mandiri oleh Nasabah.

Dengan aplikasi kios self-service, solusi ini mengeliminasi layanan cetak buku tabungan dan rekening koran di konter untuk mengurangi antrian dan meningkatkan pengalaman Pelanggan dengan layanan yang lebih cepat.

Mesin Penukar Mata Uang Asing

Mengembangkan Bisnis dengan Memindahkan Layanan ke Kios Self-Service

Jolink C580X merupakan mesin penukar mata uang asing otomatis. Dengan waktu pengoperasian 24/7, mesin ini memperpanjang waktu operasional layanan demi meningkatkan pengalaman Pelanggan.

Didesain khusus untuk memberikan keamanan tinggi dan pengoperasian yang mudah, mesin penukar mata uang asing ini menjadi solusi yang tepat bagi turis dan pelancong bisnis yang membutuhkan layanan penukaran uang.

Jadi, sudah siap mengimplementasikan solusi self-service untuk bisnis Anda?

Apabila Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai solusi self-service kami dan produk apa yang tepat untuk diimplementasikan di tempat Anda, segera hubungi konsultan ahli PT Murni di hotline 1500-913.

Mulai digitalisasi dengan solusi terkini!

Customer Experience Illustration