Sit-Stand Desk untuk Tingkatkan Kesehatan dan Produktivitas saat Bekerja

PT Murni Solusindo Nusantara

|

Oktober 28, 2021

Gambar dari

Tahukah Anda? Duduk terlalu lama saat bekerja dan berkendara dapat membahayakan kita lho. Menurut penelitian, duduk terlalu lama dapat memicu sejumlah masalah , seperti obesitas, gula darah tinggi, kelebihan lemak di pinggang, dan kadar kolesterol yang tinggi.

Terlebih lagi, duduk terlalu lama pun dapat meningkatkan resiko kematian akibat penyakit cardiovascular dan kanker.

Seimbangkan Durasi Duduk dengan Sit-Stand Desk

Analisa dari 13 studi terkait waktu duduk dan tingkat aktivitas mengungkapkan bahwa setiap orang yang duduk selama lebih dari 8 jam tanpa aktivitas fisik, memiliki resiko kematian yang sama dengan penderita obesitas dan perokok.

Sementara studi lain menemukan bahwa melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang selama 60 – 75 menit per hari dapat mengurangi dampak buruk dari duduk terlalu lama.

Untuk menghindari efek buruk dari duduk berkepanjangan saat bekerja, kita harus menerapkan pola kerja yang lebih aktif dan dinamis. Berikut ini adalah sejumlah tips yang dapat Anda lakukan agar lebih aktif secara fisik di tempat kerja:

  1. Bekerja dalam posisi duduk dan berdiri secara bergantian setiap 30 menit
  2. Berdiri ketika sedang melakukan percakapan di telepon
  3. Jika memungkinkan, ajak rekan kerja Anda untuk berdiskusi sambil berjalan daripada duduk di ruangan
  4. Gunakan sit-stand desk untuk menyeimbangkan durasi duduk dan berdiri saat bekerja

Pentingnya Sit-Stand Desk untuk dan Kinerja Anda

Sit-stand desk adalah jenis meja yang memungkinkan Anda untuk bekerja sambil duduk maupun berdiri. Anda dapat dengan mudah mengatur ketinggiannya untuk mendapatkan posisi kerja yang paling nyaman.

Selain kenyamanan, sit-stand desk pun memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Mulai dari menurunkan resiko penyakit jantung, obesitas, hingga nyeri punggung dan leher.

Berikut ini adalah sejumlah manfaat utama sit-stand desk bagi kesehatan dan kinerja Anda:

1. Terhindar dari obesitas

Memang, cara paling efektif untuk membakar kalori dengan cepat adalah berolahraga. Namun bagi kita yang terbiasa untuk duduk dan bekerja selama 8 jam di kantor, waktu untuk berolahraga tentunya menjadi sangat terbatas.

Bekerja sambil berdiri dengan sit-stand desk dapat menjadi alternatif dan bahkan membantu membakar 170 kalori tambahan setiap harinya.

Jika dilakukan setiap hari selama seminggu, Anda bisa membakar hingga 1000 kalori tambahan untuk menghindari resiko obesitas.

2. Gula darah yang lebih stabil

Studi mengungkapkan, partisipan yang berdiri selama 3 jam setelah makan siang dapat menurunkan lonjakan gula darah sebesar 43 persen daripada partisipan yang duduk dalam waktu yang sama.

Riset lainnya membuktikan, 23 pegawai kantor yang sering duduk dan berdiri setiap setengah jam saat bekerja dapat menurunkan lonjakan gula darah sebesar 11,1 persen.

3. Mengurangi resiko penyakit jantung

Studi terkait manfaat berdiri terhadap penurunan resiko penyakit jantung telah dipelajari sejak tahun 1953.

Saat itu, para peneliti menemukan bahwa kondektur bus yang sering berdiri memiliki peluang yang lebih besar untuk terhindar dari kematian akibat penyakit jantung. Berbeda halnya dengan supir bus yang selalu duduk saat berkendara.

60 tahun kemudian, sejumlah peneliti pun menyadari bahwa duduk terlalu lama dapat membahaykan bagi kesehatan. Apalagi jika ditambah dengan gaya hidup yang tidak aktif, resiko penyakit jantung bisa meningkat drastis hingga 147 persen.

4. Mengurangi nyeri punggung

Apakah Anda sering mengalami nyeri punggung? Jika ya, bisa jadi Anda terlalu lama duduk dalam posisi yang salah saat bekerja. Namun tak perlu khawatir, Anda dapat mencegahnya dengan mengadopsi meja sit-stand.

Sejumlah studi menyelidiki, dampak dari penggunaan sit-stand desk pada pegawai kantor yang menderita nyeri punggung berkepanjangan. Pada tahun 2011, “Take-a-Stand Project” menemukan, partisipan yang menghabiskan waktu rata-rata 66 menit untuk berdiri saat bekerja merasakan berkurangnya nyeri punggung bagian atas dan leher sebanyak 54 persen.

5. Meningkatkan mood dan energi

Banyak temuan yang mengaitkan duduk terlalu lama dengan meningkatnya resiko depresi dan kegelisahan. Maka masuk akal jika berdiri saat bekerja dapat memperbaiki suasana hati dan meningkatkan energi positif.

Sebuah studi mengungkapkan, partisipan yang menggunakan sit-stand desk selama lebih dari 4 minggu mengalami peningkatan mood dan energi dengan mengurangi waktu duduk mereka rata-rata 66 menit per hari.

Menariknya, ketika partisipan tak lagi memakai sit-stand desk saat bekerja, mereka melaporkan adanya penurunan suasana hati. Ini artinya penggunaan sit-stand desk secara permanen sangatlah diperlukan agar dapat merasakan segudang manfaat yang diberikan.

Meningkatkan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, bekerja dalam posisis duduk dan berdiri secara bergantian juga bisa meningkatkan karyawan. antara lain

Saat tubuh berada dalam kondisi yang lebih baik, Anda pun dapat bekerja dengan lebih leluasa dan efisien.

Itulah segudang manfaat kesehatan yang dapat Anda rasakan jika menggunakan meja sit-stand saat bekerja.

Namun perlu diingat, jangan memaksakan diri untuk berdiri terlalu lama. Sebagai awal, cobalah untuk berdiri selama 30 menit selama beberapa kali dalam sehari saat bekerja. Jika sudah terbiasa, Anda dapat mencoba durasi yang lebih lama secara perlahan namun konsisten.

Bagi Anda yang ingin menggunakan sit-stand desk, PT Murni sebagai penyedia solusi digital dan untuk berbagai sektor bisnis sejak tahun 1992, merekomendasikan Anda untuk menggunakan Sit-Stand and Mobile Laptop Cart dari , produsen produk sit-stand terbaik di dunia dari Amerika Serikat (USA) yang sudah digunakan di hampir setiap negara.

Sebagai Authorized Distributor produk Ergotron di Indonesia, setiap produk yang Anda beli terjamin 100% keasliannya dan PT Murni juga siap menyediakan garansi dan dukungan after-sales yang profesional dan terpercaya.

Jadi, apakah Anda sudah siap untuk bekerja dengan lebih sehat, aktif, dan produktif?

Apabila Anda tertarik dengan Ergotron Sit-Stand Desk atau solusi lainnya, silakan hubungi kami melalui Hotline 1500 913 atau email info@murni.co.id.

 

Ilustrasi Customer Experience (CX). Sumber: Freepik