Solusi Cerdas untuk Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik

PT Murni Solusindo Nusantara

|

Mei 6, 2023

Sebagai manusia, kita selalu mencari pengalaman-pengalaman menyenangkan dalam hidup. Ini adalah sebuah fakta. Tidak ada yang ingin mengalami pengalaman buruk atau membuang-buang waktu. Tentunya, hal ini termasuk pengalaman baik sebagai pelanggan karena pada dasarnya, kita semua pernah menjadi pelanggan dalam hidup.

Dalam dunia , (customer experience) adalah salah satu aspek yang sangat penting. Namun, pemilik seringkali lebih memperhatikan aspek-aspek lain, sehingga tidak terlalu diperhatikan atau bahkan benar-benar diabaikan. Apakah Anda juga seperti itu? Jika iya, Anda harus meninjau kembali prioritas bisnis Anda. Pada kenyataannya, mengabaikan bisa berakibat fatal bagi bisnis Anda.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan pengalaman pelanggan? Sebelum kita membahas topik tersebut, pertama-tama kita harus memahami apa itu pengalaman pelanggan (customer experience).

customer experience

Apa yang Perlu Anda Ketahui tentang Pengalaman Pelanggan

Menurut Gartner Inc., pengalaman pelanggan didefinisikan sebagai “persepsi dan perasaan pelanggan yang timbul dari satu atau gabungan beberapa hal berikut: produk, interaksi dengan karyawan, alur layanan, atau sistem yang digunakan sebuah perusahaan.” Dengan kata lain, pengalaman pelanggan adalah kesan pelanggan tentang sebuah perusahaan ketika mereka menggunakan produk atau layanan dari perusahaan tersebut.

Mari kita posisikan diri sebagai seorang pelanggan. Bukankah kita ingin kebutuhan kita terpenuhi dengan pelayanan terbaik dan dalam waktu yang singkat?

Semakin baik interaksi pelanggan dengan sebuah perusahaan, semakin besar kemungkinan pelanggan memiliki kesan positif tentang perusahaan tersebut. Sebaliknya, jika pelanggan memiliki pengalaman yang tidak menyenangkan ketika berinteraksi dengan sebuah perusahaan, mereka akan merasa tidak puas dan memiliki kesan negatif terhadap perusahaan tersebut.

Ketika pelanggan merasa tidak puas dengan layanan yang diberikan, mereka cenderung berpaling dan mencari bisnis serupa yang memberikan layanan yang lebih baik. Pengalaman yang kurang menyenangkan dapat membuat Anda kehilangan pelanggan. Ini merupakan mimpi buruk bagi semua pemilik bisnis. Oleh karena itu, pengalaman pelanggan adalah salah satu aspek penting yang harus diperhatikan karena hal itu sangat berpengaruh terhadap kelancaran dan pertumbuhan perusahaan Anda.

Tidak Ada Bisnis Tanpa Pelanggan

Berkat kemajuan teknologi, semakin mudah bagi banyak orang untuk memulai dan menjalankan bisnis. Persaingan antara bisnis di bidang yang sama pun semakin meningkat. Untuk dapat bersaing, bisnis Anda perlu memiliki keunggulan yang membuatnya berbeda dari bisnis serupa. Menawarkan pengalaman pelanggan yang menyenangkan dapat membuat bisnis Anda menonjol. Pastikan interaksi pelanggan dengan perusahaan Anda lebih bermanfaat, hemat waktu, lancar, dan tanpa hambatan. Semua itu akan berdampak positif pada perusahaan Anda.

Kebanyakan pemilik bisnis memprioritaskan pendapatan. Namun, harus disadari bahwa retensi pelanggan sangatlah penting untuk menjaga bisnis tetap hidup. Tanpa pelanggan, sebuah bisnis tidak akan bertahan. Oleh karenanya, Anda perlu memastikan . Salah satu caranya yaitu menawarkan pengalaman pelanggan yang menyenangkan.

SMARTQUEUE® Siap Membantu Bisnis Anda!

Salah satu cara cerdas untuk meningkatkan pengalaman pelanggan adalah dengan menggunakan SMARTQUEUE®. SMARTQUEUE® adalah sistem canggih dan komprehensif yang dirancang untuk memberikan pengalaman pelanggan yang menyenangkan dengan cara mengelola antrian dan melancarkan perjalanan pelanggan ketika berinteraksi dengan bisnis Anda.

SMARTQUEUE®lebih dari sekedar sistem manajemen antrian biasa karena sistem ini memberikan solusi yang menyeluruh dengan beragam fitur unggulan yang dimilikinya. Sistem ini pun berorientasi pada kebutuhan pelanggan, sehingga membantu menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan Anda dari awal hingga akhir kunjungan mereka.

Berikut ini adalah beberapa manfaat utama dari SMARTQUEUE®

Memberikan kemudahan bagi pelanggan

Dengan fitur-fitur dari SMARTQUEUE® seperti (virtual queue), pemberitahuan melalui SMS, secara online, dan sistem panggilan virtual, pelanggan akan merasakan kemudahan ketika mengantri maupun menjadwalkan kunjungan atau layanan. Hampir semuanya bisa dilakukan dari jarak jauh. Tentunya, ini akan memberikan pengalaman pelanggan yang unik dan menyenangkan.

Mengurangi antrian fisik dan memaksimalkan waktu

Solusi manajemen antrian non-linier dari SMARTQUEUE® dapat mengurangi kerumunan dan waktu tunggu pelanggan. Hal ini akan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan meningkatkan .

Pengalaman menunggu yang lebih baik

SMARTQUEUE® membantu pelanggan untuk memiliki pengalaman menunggu yang lebih baik di lokasi bisnis Anda maupun di luar lokasi. Dengan sistem manajemen antrian non-linear dan multimedia yang menampilkan informasi antrian untuk pelanggan, pengalaman menunggu di lokasi bisnis akan menjadi lebih baik. Tidak hanya itu, dengan dan pemberitahuan SMS dari SMARTQUEUE®, pelanggan Anda juga akan memiliki pengalaman menunggu yang lebih baik di luar lokasi bisnis Anda.

Dengan berbagai fitur dan manfaat yang ditawarkan oleh sistem ini, Anda dapat mempercayakan solusi SMARTQUEUE® untuk memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa bagi pelanggan Anda.

Butuh bantuan menemukan solusi yang tepat untuk bisnis Anda?

Kami siap membantu

1500913                                        sales.office@murni.co.id

Ilustrasi Customer Experience (CX). Sumber: Freepik