Kemajuan teknologi, seperti pengembangan sistem komputer (AI) layar digital telah mengubah cara bisnis menjalankan strategi penjualan.
Kini, dengan teknologi yang semakin canggih, kesempatan terbuka lebar bagi bisnis untuk berkembang karena hampir semua hal dapat terwujud dengan teknologi yang tepat. Teknologi seperti Artificial Intelligence (AI) pun menjadi ‘game changer’ dan membawa perubahan yang besar dalam menjalankan bisnis, termasuk untuk strategi pemasaran.
Mengutip dari Britannica.com, Artificial Intelligence (AI) merupakan pengembangan sistem komputer yang mampu melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia. AI memiliki potensi yang begitu besar, termasuk dalam hal marketing. Oleh karena itu, tidak heran jika bisnis kian memaksimalkan penggunaan AI dalam rencana dan strategi bisnisnya.
Apa Peran AI dalam Marketing?
Sebagai sistem komputer yang mampu melakukan tugas yang pada umumnya membutuhkan kecerdasan manusia, potensi AI sangat besar untuk marketing. Dalam marketing, AI memiliki potensi untuk menganalisa konsumen sehingga bisa membantu untuk memprediksi tren konsumen. Juga menjalankan strategi pemasaran yang tepat kepada konsumen yang sesuai.
Bahkan menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Smartinsights.com, 55% perusahaan sudah menerapkan atau secara aktif menganalisa keuntungan penggunaan AI.
Penggunaan AI untuk strategi pemasaran memiliki keunggulan sendiri. Sebab, AI memiliki kapasitas atau kemampuan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menyimpan data.
Selain itu, AI juga dapat membantu perusahaan memahami tren dan menyesuaikan strategi pemasaran sesuai target konsumen. Dengan begitu, strategi pemasaran pun akan menjadi lebih efektif.
Bagaimana Cara untuk Mengetahui bahwa Strategi Pemasaran itu Efektif?
Pemasaran yang efektif dapat Anda lihat ketika bisnis Anda bisa menyalurkan konten promosi yang tepat. Baik kepada orang yang tepat, pada waktu yang tepat dan melalui channel yang tepat. Dalam hal ini, penggunaan AI dalam marketing memungkinkan Anda untuk menjangkau konsumen yang benar-benar potensial.
Jadi, Mengapa Mempromosikan Iklan kepada Konsumen yang Tepat itu Penting?
Pasti Anda pernah mendengar ungkapan “Know Your Audience” atau kenali audiens Anda. Ungkapan ini berfungsi sebagai dasar untuk pemasaran yang sukses. Mengidentifikasi audiens yang tepat sangat penting karena Anda bisa fokus memasarkan bisnis Anda kepada target yang sesuai dan memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk membeli produk Anda.
Memiliki pemahaman akan audiens yang tepat untuk mempromosikan bisnis Anda menjadi salah satu aspek yang paling utama dalam strategi pemasaran. Ketika Anda mengetahui target audiens yang sesuai, Anda bisa meningkatkan penjualan dengan menyampaikan kampanye marketing yang tepat sasaran sembari meningkatkan loyalitas konsumen.
Sekarang Anda Sudah Tahu Peran AI dalam Marketing dan Pentingnya Promosi kepada Audiens yang Tepat, Apa Langkah Selanjutnya?
Pandemi COVID-19 yang melanda seluruh negara di dunia menghadirkan tantangan yang cukup berat bagi sebagian besar bisnis, terutama bisnis Food & Beverage. Namun dengan terus berjalannya vaksinasi, perlahan-perlahan pemerintah mulai mengizinkan bisnis untuk beroperasi kembali. Tentunya, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
Sebagai langkah untuk adaptasi, penggunaan Layar Digital bisa menjadi salah satu cara bisnis Anda untuk beradaptasi dan berinovasi. Baik selama maupun setelah pandemi.
Layar Digital dari PT. Murni
PT Murni memiliki layar digital yang dilengkapi dengan Artificial Intelligence (AI) untuk membantu berbagai bisnis meningkatkan penjualan. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, AI memiliki peran yang besar dalam mempromosikan bisnis Anda.
Anda dapat memanfaatkan layar digital ini sebagai Restaurant Information Display untuk menampilkan produk dan layanan dengan cara yang lebih menarik. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi biaya operasional sekaligus kontak fisik karena mengurangi penggunaan buku menu dan pamflet.
Selain itu, Restaurant Information Display juga bisa mempromosikan produk dan layanan Anda ke target audiens yang tepat melalui fitur analisa yang dimiliki.
Dilengkapi teknologi AI, Restaurant Information Display yang dikembangkan oleh PT Murni dapat mengidentifikasi audiens dan menampilkan iklan yang sesuai dengan profil mereka (usia, jenis kelamin, mood) secara otomatis.
Selain itu, Anda juga bisa mengelola data statistik audiens yang tersedia dalam real-time dashboard monitoring & reporting menjadi informasi yang berharga untuk evaluasi bisnis dan perencanaan strategi pemasaran yang lebih baik.
Informasi lebih lanjut mengenai solusi layar digital bisa Anda temukan di sini. Untuk berkonsultasi langsung dengan tim konsultan kami, silakan menghubungi kami melalui Hotline 1500 913 atau email info@murni.co.id.
Baca Juga: Mengurangi Kerumunan dan Antrian dengan Virtual Queue