Mengurangi Kerumunan dan Antrian dengan Virtual Queue

PT Murni Solusindo Nusantara

|

September 21, 2021

Menghindari kerumunan menjadi salah satu langkah untuk mencegah penyebaran virus di tengah pandemic COVID-19. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri untuk berbagai . Sebelum pandemi, semakin ramainya pengunjung yang berada di dalam lokasi Anda menjadi penanda bahwa Anda berjalan dengan baik terutama untuk model B2C atau business-to-consumer.

Namun, pandemi yang berlangsung saat ini memaksa bisnis untuk beradaptasi dan mengikuti peraturan Pemerintah antara lain dengan mencegah timbulnya kerumunan, membatasi kapasitas pengunjung dan jam operasional serta beberapa hal lainnya. Jika tidak dilakukan dengan segera, kemungkinan besar bisnis akan terdampak negatif seperti penuruan pendapatan hingga pailit.

Mengutip dari laporan Badan Pusat Statistik yang bertajuk Analisis Hasil Dampak Covid 19 terhadap Pelaku Usaha, laporan tersebut menyatakan bahwa sekitar 82,29% dari responden usaha menengah besar (UMB) dan 84,20% responden usaha menengah kecil (UMK) menyatakan mengalami penurunan pendapatan selama pandemi.

Kabar baiknya, seiring dengan program vaksinasi yang terus dijalankan oleh Pemerintah untuk seluruh warga Indonesia, herd immunity atau kekebalan komunal diharapkan dapat segera tercapai sehingga kegiatan ekonomi dan bisnis bisa segera pulih kembali.

Namun tentunya, bisnis tidak bisa hanya menunggu. Inilah saatnya untuk melakukan inovasi dan mengubah dampak negatif COVID-19 menjadi peluang dengan digitalisasi. Untuk mencegah antrian yang dapat mengakibatkan keramaian/ kerumunan, bisnis bisa memaksimalkan penggunaan (virtual queue).

Apa itu (virtual queue)?

Mengurangi Kerumunan dan Antrian dengan Virtual Queue (Gambar dari Freepik)

Virtual Queue adalah sistem antrian yang memungkinkan seseorang untuk mengantri secara virtual tanpa harus hadir dan menunggu di lokasi. Hanya dengan scan QR code yang disediakan di pintu masuk/ lokasi lainnya, pelanggan dapat memilih produk/ layanan yang diinginkan melalui smartphone mereka sendiri tanpa perlu menyentuh apa pun. Solusi ini tentunya menjadi sangat populer ketika pandemi COVID-19 karena secara signifikan dapat mencegah penyebaran virus dengan mengurangi kontak fisik dan kerumunan.

Bahkan, karena cara kerjanya yang sangat memprioritaskan kenyamanan dan kemudahan bagi pelanggan; Virtual Queue diprediksi menjadi tren baru yang akan terus digunakan bahkan hingga setelah pandemi berakhir.

Selain itu, berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan Virtual Queue:

  • Mengubah pengalaman mengantri menjadi lebih mudah dan nyaman
  • Mencegah penyebaran virus sebagai solusi contactless/ touchless
  • Memberikan fleksibilitas bagi pelanggan untuk mengakses layanan Anda, baik secara online maupun offline (mengantri seperti biasa)
  • Memungkinkan pelanggan untuk menunggu dan memantau giliran & waktu tunggu mereka dari mana saja untuk menjaga jarak fisik dengan orang lain
  • Mempercepat transisi menuju digitalisasi
  • dan masih banyak lainnya.

Sebagian besar bisnis sedang berjuang di masa-masa sulit ini. Namun, hasil riset membuktikan bahwa bisnis yang tidak melakukan inovasi digital akan lebih sulit bertahan jika dibandingkan dengan bisnis yang sudah mulai go-digital.

Tertarik untuk menggunakan solusi virtual queue? memiliki solusinya. Sebagai ICT-based solution provider company yang telah berpengalaman selama lebih dari 29 tahun dalam menyediakan berbagai solusi & teknologi digital, PT Murni senantiasa mengembangkan berbagai solusi yang inovatif untuk membantu bisnis dalam melakukan transformasi digital.

Virtual queue merupakan bagian dari SMARTQUEUE®, solusi customer experience yang dikembangkan langsung oleh PT Murni. Lebih canggih dari sistem manajemen antrian pada umumnya, SMARTQUEUE® dapat membantu bisnis Anda meningkatkan kualitas layanan secara berkesinambungan. Hal tersebut dapat dicapai salah satunya melalui fitur-fitur utama SMARTQUEUE® seperti real-time dashboard monitoring & reporting untuk mengukur produktivitas dan performa staf serta SMARTSURVEYS™ sebagai platform .

Siap melakukan transformasi digital untuk memaksimalkan profit dan meningkatkan customer experience? Hubungi kami sekarang melalui Hotline 1500 913 atau email info@murni.co.id, konsultan kami siap membantu Anda.

Ilustrasi Customer Experience (CX). Sumber: Freepik