3 Cara Terampuh Mendapatkan Umpan Balik Pelanggan (Customer Feedback)

PT Murni Solusindo Nusantara

|

Mei 19, 2023

“Apakah pelanggan Anda penting bagi Anda?”

Jawaban Anda seharusnya “ya”.

Pada dasarnya, pelanggan merupakan kunci kesuksesan Anda. Perusahaan Anda ada berkat adanya pelanggan. Tanpa mereka, Anda tidak akan bisa bertahan. Oleh karenanya, penilaian dan pandangan pelanggan terhadap perusahaan Anda merupakan hal yang sangat penting. Itulah mengapa perusahaan Anda membutuhkan umpan balik dari pelanggan.

The Importance of Customer Feedback and Various Methods to Collect It

Apa itu Umpan Balik Pelanggan (Customer Feedback)?

Berdasarkan definisi dari Lexico, umpan balik pelanggan dapat diartikan sebagai “tanggapan yang diberikan kepada sebuah perusahaan oleh seseorang yang menggunakan produk dan layanan dari perusahaan tersebut.” Dengan kata lain, umpan balik pelanggan adalah informasi yang diberikan oleh pelanggan mengenai sejauh mana produk dan layanan yang mereka terima dari perusahaan Anda memenuhi harapan mereka. Umpan balik pelanggan berkaitan langsung dengan (customer experience) dan , 2 hal yang mempengaruhi aspek-aspek lainnya, termasuk loyalitas pelanggan, penjualan, pendapatan, arus kas, hingga kesejahteraan karyawan.

Pentingnya Mengumpulkan Umpan Balik Pelanggan (Customer Feedback)

Umpan balik pelanggan merupakan alat yang sangat penting untuk mengukur kinerja perusahaan Anda. Apakah perusahaan Anda telah memberikan apa yang diharapkan oleh pelanggan? Atau apakah perusahaan Anda perlu melakukan penyesuaian agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih tepat? Pertanyaan tersebut dapat dijawab oleh umpan balik pelanggan.

Umpan balik pelanggan membantu Anda menilik aspek-aspek penting perusahaan Anda.  Untuk mengukur kualitas sebuah perusahaan, tidak ada sumber yang lebih baik daripada umpan balik pelanggan. Dengan mengetahui pandangan pelanggan terhadap perusahaan Anda, Anda dapat mengidentifikasi aspek-aspek mana saja yang perlu diperbaiki. Dengan demikian, Anda dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memperbaiki kekurangan tersebut, sambil tetap mempertahankan aspek-aspek yang menjadi keunggulan perusahaan Anda.

Lalu, Bagaimana Cara Mengumpulkan Umpan Balik Pelanggan?

merupakan metode yang paling mudah dan umum digunakan untuk mengumpulkan umpan balik pelanggan. Tidak hanya itu, juga merupakan cara yang paling efektif.

Survei dapat berbentuk singkat atau cukup panjang, tergantung preferensi Anda. Pertanyaan-pertanyaan di dalam survei pun dapat disusun dan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Anda dapat memilih apakah pertanyaan-pertanyaan di dalam survei tersebut berkaitan dengan hal-hal spesifik atau mengenai perusahaan Anda dan layanan yang disediakan secara umum. Selain itu, ada berbagai format pertanyaan yang dapat diterapkan di dalam survei, seperti pilihan ganda, pertanyaan dengan jawaban singkat, pertanyaan terbuka, dan sebagainya.

Selain itu, survei juga sangat praktis bagi pelanggan. Pelanggan dapat mengisi survei secara mandiri dan umumnya tidak memakan waktu lama. Itulah alasan utama kebanyakan pelanggan lebih memilih mengisi survei dibandingkan metode lain ketika dimintai umpan balik.

Wawancara singkat

Metode lain yang juga umum dilakukan untuk mengumpulkan umpan balik pelanggan adalah wawancara singkat. Metode ini dapat dilakukan secara langsung di tempat setelah pelanggan selesai bertransaksi atau melalui panggilan telepon. Melalui komunikasi dan pertanyaan langsung, pelanggan pun akan lebih terdorong untuk memberikan pendapat yang jujur. Namun, metode ini tidak terlalu praktis bagi pelanggan karena pada umumnya, wawancara menggunakan pertanyaan terbuka dan ini memakan waktu yang lebih lama dibandingkan mengisi survei.

Media Sosial

Sekarang, hampir semua orang menggunakan media sosial. Media sosial adalah alat yang efektif untuk mempromosikan perusahaan Anda dan mengumpulkan umpan balik pelanggan. Melalui media sosial, Anda dapat meminta pendapat pelanggan tentang perusahaan Anda, apa yang dapat ditingkatkan, dan preferensi mereka.

Menggunakan media sosial sebagai sarana untuk mengumpulkan umpan balik pelanggan mungkin terlihat mudah dan sederhana. Namun, metode ini memiliki kelemahan. Salah satunya yaitu Anda tidak dapat mengajukan pertanyaan terperinci seperti yang dapat Anda lakukan dalam survei atau wawancara singkat.

Itulah 3 metode utama untuk mendapatkan umpan balik pelanggan. Tentunya, masih banyak metode-metode lain yang belum disebutkan. Meskipun ada banyak pilihan, Anda tidak perlu merasa bingung. Kuncinya adalah memilih metode yang paling cocok untuk perusahaan Anda.

Jika Anda memilih menggunakan metode survei, pakailah SMARTSURVEYS™ untuk membantu Anda.

SMARTSURVEYS™: Solusi Terbaik untuk Mendapatkan Umpan Balik Pelanggan di Tahun 2023

SMARTSURVEYS™ adalah sebuah perangkat lunak yang dirancang untuk mengumpulkan pendapat, saran, dan preferensi pelanggan secara efektif dan dalam waktu nyata (real-time). Dengan solusi ini, Anda dapat melakukan survei dengan efisien. Selain itu, survei pun akan lebih mudah untuk diisi sehingga tidak akan merepotkan pelanggan Anda.

SMARTSURVEYS™ sangat praktis dan fleksibel, sehingga Anda dapat menyusun kuesioner dengan mudah dan menyesuaikannya dengan kebutuhan perusahaan Anda. Dengan data yang akurat dan dikumpulkan dalam waktu nyata (real-time), SMARTSURVEYS™ memungkinkan Anda untuk memantau serta permintaan pasar. Dengan demikian, Anda dapat melakukan perbaikan untuk meningkatkan (customer experience) dan mendorong perusahaan Anda menjadi lebih baik.

Dengan SMARTSURVEYS™, mengumpulkan umpan balik pelanggan akan menjadi lebih mudah, akurat, dan efektif. Temukan informasi lebih lanjut tentang SMARTSURVEYS™ di sini.

Butuh bantuan menemukan solusi yang tepat untuk bisnis Anda?

Kami siap membantu

1500913                             

sales.office@murni.co.id

Ilustrasi Customer Experience (CX). Sumber: Freepik