4 Cara Cepat dan Efektif untuk Mengatasi Masalah Antri di Tempat Bisnis Anda

PT Murni Solusindo Nusantara

|

November 23, 2020

Secara umum, isu antri ini identik dengan lebih tingginya jumlah pelanggan yang kecewa daripada pelanggan yang puas karena serangkaian faktor menunggu yang dirasa kurang memberi rasa nyaman, aman dan terhibur.

Tapi, bila kita bicara lebih spesifik lagi, satu-satunya solusi untuk menghindari atau paling tidak menekan dampak isu ini adalah dengan meningkatkan pengalaman menunggu Pelanggan Anda.

Berikut 4 tips cepat dan efektif untuk mengatasi masalah antri di tempat Anda!

1. Hadirkan Elemen Hiburan

Riset menemukan bahwa mereka yang tidak memiliki kegiatan menganggap waktu tunggu terasa lebih lama daripada mereka yang teralihkan perhatiannya oleh bahan bacaan, televisi atau percakapan.

Elemen hiburan yang mengalihkan perhatian mampu meningkatkan pengalaman tunggu. Itu sebabnya, coba Anda mulai tempatkan media hiburan seperti buku, majalah, televisi, akses gratis wi-fi, dsb, pada area tunggu.

Seketika Anda akan mengubah pengalaman tunggu yang pasif menjadi aktif lewat cara tersebut dan membuat pelanggan terhibur selagi menunggu nomor antriannya dipanggil.

2. Berikan Petunjuk yang Jelas

Pelanggan yang kurang mendapat informasi adalah mereka yang cenderung memberi tanggapan tidak puas ketika ditanya soal feedback.

Oleh sebab itu, pastikan Anda memberikan akses yang mudah bagi Pelanggan untuk menemukan konter layanan yang ingin mereka tuju sesuai kebutuhan, lokasi tempat tunggu, hingga perkiraan waktu tunggu.

Anda juga dapat menggunakan monitor dan layar informasi digital untuk mendistribusikan informasi ini.

Dengan menyediakan fasilitas yang demikian, Pelanggan pasti merasa senang akan pelayanan Anda dan mereka akan merasa puas dengan pengalamannya.

3. Kenalkan Produk Lainnya pada Pelanggan

Ketika pelanggan menunggu, Anda dapat menggunakan layar informasi digital sebagai alat untuk menampilkan iklan.

Lewat perangkat ini, Anda mendapat kesempatan besar untuk mempromosikan produk baru atau paling dicari, serta layanan lain Anda.

Atau dalam kata lain, Anda dapat menargetkan pelanggan yang terekspos dengan penawaran tersebut untuk melakukan cross-selling atau up-selling produk maupun jasa bisnis Anda.

4. Adopsi Fitur Tunggu Jarak Jauh

Sebelum pandemi, fitur tunggu jarak jauh memang sudah menjadi tren, namun dengan keadaan sekarang, semua bisnis terutama perbankan, instansi pemerintah, dan tempat bisnis lain yang menyediakan layanan jasa, seperti makin didorong untuk mulai mengadopsi fitur manajemen antri ini.

Selain untuk menghindari sanski peraturan terkait larangan berkerumun dan pengurangan pengunjung pada suatu tempat bisnis, fitur ini penting untuk Anda adopsi agar sistem antri lebih efesien, efektif dan menyenangkan bagi Pelanggan.

Dengan fitur ini, Pelanggan Anda dapat menunggu di luar tempat bisnis sambil melakukan kegiatan lain seperti berbelanja kebutuhan sehari-hari, dsb, lalu kembali ke tempat layanan begitu menerima SMS notifikasi yang menyatakan bahwa nomor antri mereka sudah dekat.

Tapi, benarkah 4 hal itu saja cukup untuk meningkatkan dalam pengelolaan antrian?

Tentu tidak!

Meski Anda telah mengetahui 4 cara yang cepat dan efektif untuk bantu tingkatkan suasana hati pelanggan selama mengantri, Anda tetap butuh sistem yang dapat memastikan proses bisnis berjalan lancar dan tidak mengganggu selama berinteraksi dengan layanan Anda.

Untuk mengatasi isu antrian secara menyeluruh, Anda harus menaikkan level pengembangan bisnis dengan mengimplementasikan sistem manajemen antrian yang tepat.

Sistem manajemen antrian memungkinkan pengelolaan antrian pada layanan masyarakat atau tempat bisnis yang efektif dan efisien tanpa melupakan faktor kenyamanan bagi pelanggan yang tengah menunggu untuk dilayani.

PT Murni sebagai konsultan dan penyedia solusi perbankan dengan pengalaman lebih dari 28 tahun di Indonesia, mengembangkan sistem manajemen antrian berbasis bernama SMARTQUEUETM  yang andal, terpercaya, dan  digunakan oleh berbagai sektor bisnis.

Beberapa fitur utama  SMARTQUEUETM  yakni:

1. Terintegrasi dengan kios tiket self-service yang bukan hanya berperan sebagai sarana penyambut pelanggan yang interaktif, tetapi juga memungkinkan proses registrasi yang mudah.

2. Menyediakan aplikasi pengelolaan antrian untuk staf sebagai sarana mengelola alur antrian yang efektif lewat fungsi memanggil, menghapus, mentfransfer nomor tiket, dsb.

3. Menampilkan status antrian di layar multimedia yang sekaligus dapat digunakan sebagai sarana hiburan maupun promosi produk atau jasa Anda untuk membuat pelanggan terhibur dan nyaman saat menunggu.

4. Monitoring lewat dasbor khusus yang dirancang untuk mengawasi situasi di front-office lewat informasi real-time terkait status antrian.

5. Sistem laporan tersentralisasi sehingga menghasilkan analisis yang akurat serta komprehensif untuk mendesain perencanaan peningkatan layanan.

Jadi, mulai buat Pelanggan Anda menunggu lebih nyaman agar proses bisnis berjalan lebih lancar.

Mengapa? Sebab pelanggan yang puas sama dengan pertumbuhan bisnis yang meningkat. Selain itu, peluang untuk Pelanggan Anda merekomendasikan layanan, produk maupun jasa bisnis Anda kepada relasinya akan semakin besar.

Jika Anda masih punya pertanyaan terkait solusi manajemen antrian SMARTQUEUETM atau layanan kami, kunjungi laman terkait di sini.

Atau bila Anda ingin segera mengimplementasikan sistem ini di tempat bisnis Anda, langsung hubungi tim konsultan bisnis kami di nomor hotline 1500-913.

 

Ilustrasi Customer Experience (CX). Sumber: Freepik