Lebih Ergonomis dengan Computer Carts dan Monitor Arms

Digital Content Writer

|

Maret 2, 2023

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjadi pribadi yang lebih sehat, salah satunya adalah dengan beralih ke desain ergonomis. Sebagai langkah awal, kami akan membawa Anda untuk lebih mengenal rekomendasi produk ergonomis yang mungkin familiar bagi Anda, yaitu dan .

Namun, untuk memilih furnitur ergonomis yang tepat, Anda perlu memahami konsep ergonomi itu sendiri.

Desain Meja Kerja Ergonomis
Desain Meja Kerja Ergonomis. Sumber:

‘Pemahaman’ adalah Kunci Utama dalam Meningkatkan Ergonomi

Ergonomi, secara konsep, berarti memahami interaksi antara manusia dan elemen lain pada suatu sistem—termasuk pengembangan desain furnitur maupun peralatan kerja lainnya untuk mengoptimalkan kondisi kesehatan dan performa dalam beraktivitas.

Oleh karena itu, agar dapat menemukan perlengkapan ergonomis yang tepat, Anda perlu mempertimbangkan:

  • Ukuran tubuh pengguna
  • Postur
  • Kekuatan otot
  • Keleluasaan dalam bergerak
  • Teknologi yang digunakan

Desain ergonomis harus mampu mendukung postur kerja yang lebih sehat sekaligus mengefisienkan alur kerja penggunanya.

Setiap pengguna tentu berbeda antara satu dengan yang lainnya. Karena itu, sebuah desain harus dapat beradaptasi dengan penggunanya untuk dapat disebut ergonomis. Meskipun begitu, memahami setiap pengguna masih menjadi hal yang penting karena adanya kebutuhan yang berbeda, terutama dalam hal perangkat kerja. 

Memperkenalkan: dan

Di era digitalisasi, teknologi—seperti komputer, laptop, notebook, dsb.—merupakan hal yang umum dijumpai pada kehidupan sehari-hari. Hal ini memotivasi banyak ahli ergonomis untuk berinovasi demi menjawab kebutuhan ergonomi para pengguna teknologi. Computer Carts dan merupakan contoh dari pilihan populer, yang berfungsi sebagai alternatif ergonomis untuk meningkatkan pengalaman pengguna teknologi.

Computer cart (kiri) and monitor arm (kanan)
Computer cart (kiri) dan monitor arm (kanan). Sumber:

Computer carts—termasuk juga —dikembangkan sebagai solusi bagi pengguna yang membutuhkan mobilitas dan kemudahan akses teknologi. Tipe cart ini didesain sebagai workstation yang compact dengan ukuran footprint minimalis dan roda, mempermudah Anda dalam membawa perangkat komputer Anda, ke manapun Anda butuhkan. Hadir dengan fitur height-adjustment ergonomis, computer carts dapat juga menjadi solusi bagi Anda dalam menyeimbangkan aktivitas duduk dan berdiri agar lebih bugar dan sehat.

Bekerja di Rumah dengan Computer Carts. Sumber:

Beralih pada monitor arms yang merupakan solusi untuk menghemat ruang sekaligus mengoptimalkan sudut pandang pengguna secara ergonomis. Produk ini merupakan salah satu opsi furnitur ergonomis yang populer di kalangan gamers, dengan fitur pengaturan layar yang fleksibel—mencakup height-adjustment, juga sudut monitor secara vertikal, horizontal, maupun rotasi layar. Tidak hanya itu, apabila Anda berprofesi sebagai graphic designer, videographer, maupun programmer, Anda juga dapat meng-install lebih banyak monitor demi menunjang produktivitas.

Desain Meja Kerja dengan Monitor Arm. Sumber: Ergotron

Bagaimana? Apakah Anda berminat untuk memiliki produk-produk ergonomis di atas?

Tertarik mempelajari lebih lanjut tentang computer carts maupun monitor arms? Silakan hubungi ahli Ergotron kami dengan menelepon 1500913 maupun melalui e-mail ke ergonomic@murni.co.id. Kunjungi juga website ergonomic kami dan temukan produk ergonomis lainnya. 

Ilustrasi Customer Experience (CX). Sumber: Freepik