Memilih Printer ID Card yang Berkualitas untuk Kantor Anda

Digital Content Writer

|

Agustus 18, 2023

ID Card, sesuai namanya, merupakan salah satu bukti penanda keanggotaan dalam suatu instansi. Penggunaan ID Card tentu sudah menjadi hal yang umum di masyarakat, serta bervariasi— mulai dari kartu pengenal karyawan, kartu pelajar, hingga kartu layanan kesehatan.

Ilustrasi ID Card. Sumber: Freepik
Ilustrasi ID Card. Sumber: Freepik

Penggunaan ID Card dinilai lebih aman dan efisien untuk mengidentifikasi status keanggotaan setiap orang, didukung desain kartu yang dipersonalisasikan sesuai identitas instansi.

Demi meningkatkan keamanan informasi tersebut, Anda mungkin mempertimbangkan untuk menerbitkan kartu identitas sendiri dengan berinvestasi pada ID card berkualitas. Namun, bagaimana cara memilih ID Card yang tepat untuk kantor Anda?

Tips Memilih ID Card

memiliki fungsi utama dengan printer lainnya, yaitu untuk mencetak berbagai data dalam format seperti gambar, teks, logo pada media cetak — dalam hal ini, permukaan plastik PVC seukuran kartu ATM. 

Printer jenis ini bermanfaat untuk mengefisienkan proses dan waktu percetakan berbagai jenis kartu, di antaranya:

  • Kartu karyawan,
  • Kartu pelajar,
  • Kartu layanan kesehatan,
  • Kartu transportasi,
  • Kartu akses,
  • Kartu anggota/ panitia, dll.

Tidak hanya meningkatkan efisiensi pada alur operasional, Anda juga dapat meningkatkan keamanan informasi dengan mengeliminasi keperluan kerjasama dengan jasa layanan pihak ketiga untuk mencetak kartu yang mungkin menyertakan data yang bersifat rahasia.

Dengan banyaknya brand dan model yang tersebar di pasaran, ada baiknya Anda mempertimbangkan hal-hal berikut sebelum memilih :

Volume dan Frekuensi Cetakan

Perkirakan jumlah ID Card yang perlu Anda cetak setiap harinya. Ini akan membantu Anda dalam memilih printer, seperti printer model entry-level untuk kebutuhan cetakan yang rendah, hingga model high-end untuk proses pencetakan dalam volume besar. 

Single-Sided vs. Dual-Sided Printing

Kenali rutinitas di kantor Anda: apakah Anda lebih banyak mencetak desain pada satu sisi atau dua sisi ID Card? Jika jawabannya ‘dua sisi’, Anda mungkin dapat mempertimbangkan dual-sided printer yang dapat mencetak lebih banyak informasi dan elemen desain pada kedua sisi ID Card dalam sekali pemrosesan.

Kecepatan Proses

Printer dengan kecepatan yang lebih tinggi merupakan solusi ideal bagi organisasi besar atau acara dengan alur kegiatan yang padat.

Kualitas Hasil Print

Pilih printer dengan resolusi yang tinggi (dapat dilihat berdasarkan satuan dpi) untuk tulisan yang lebih jelas, gambar yang lebih tajam, serta warna yang lebih akurat.

Fungsi Encoding

Apabila Anda berencana untuk menyertakan fitur seperti pita magnetik ataupun smart chip pada kartu, pastikan untuk memilih printer yang mendukung fungsi tersebut.

Tips Tambahan

Pertimbangkan untuk memilih produk yang dapat di-upgrade seiring dengan perkembangan yang ada, juga fitur-fitur tambahan yang tepat untuk kebutuhan Anda yang spesifik. Seperti contohnya, apabila Anda menginginkan hasil cetak yang tahan lama, pertimbangkan produk dengan fitur laminating. Atau, jika Anda tertarik untuk meningkatkan keamanan, pilih printer dengan fitur-fitur keamanan. 

Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tersebut, berikut rekomendasi yang dapat menjadi pertimbangan Anda:

IDP SOLID-310 Series

IDP SOLID-310 Series merupakan rekomendasi bagi Anda yang mencari printer ID card hemat biaya dengan kualitas profesional. Hadir dalam dua tipe, SOLID-310S single-sided printer dan SOLID-310D dual-sided printer yang menawarkan kecepatan cetak dan resolusi tinggi yaitu 300 dpi dan 600 dpi.

Printer ID Card IDP SOLID-310 Series
Printer ID Card IDP SOLID-310 Series

IDP SOLID-510 Series

Printer IDP SOLID-510 Series menawarkan kecepatan pemrosesan dan performa yang mumpuni untuk mendukung proses pencetakan volume sedang. Seri printer ini menawarkan hasil cetakan dengan resolusi tinggi hingga 1200 dpi, juga dapat di-upgrade dengan teknologi laminasi kartu, IDP Direct Lamination Technology, yang telah dipatenkan.

Printer ID Card IDP SOLID-510 Series
Printer ID Card IDP SOLID-510 Series

IDP SOLID-700 Series

Desain yang modular dengan kapasitas pemrosesan yang tinggi merupakan poin utama dari IDP SOLID-700 Series. Printer dari seri ini dapat dengan mudah dikonfigurasikan sesuai kebutuhan Anda, seperti dengan menambahkan modul untuk fungsi dual-sided printing, laminating, maupun output hopper. Dengan kapasitas yang besar juga kecepatan tinggi, seri ini cocok untuk pencetakan kartu bervolume tinggi dan pengoperasian secara berkelanjutan. 

Printer ID Card IDP SOLID-700 Series
Printer ID Card IDP SOLID-700 Series

Apabila Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai produk-produk di atas, silakan hubungi hotline kami pada 1500 903 atau melalui email pada info@murni.co.id. Anda juga dapat mengunjungi halaman Printer Passbook untuk mengeksplor produk dari kategori serupa.

Baca Juga:

7 Hal Penting Yang Harus Anda Perhatikan Dalam Memilih Mesin Hitung Uang
Pengelolaan Transaksi Uang Tunai Bervolume Besar Kini Lebih Efisien Dengan Mesin Sortir Satu Ini!
Memasuki Era Cashless Society, Uang Tunai Masih Tetap Diminati
Indonesia Menuju Cashless Society: Berbagai Pertimbangan Penting Yang Perlu Anda Tahu
5 Alasan Mengapa Uang Tunai Tetap Penting di Era Digital

Ilustrasi Customer Experience (CX). Sumber: Freepik