Statistik Pengalaman Pelanggan yang Harus Diketahui di Tahun 2023

PT Murni Solusindo Nusantara

|

Juni 19, 2023

Dengan pertumbuhan ekonomi global yang pesat, persaingan bisnis pun menjadi semakin ketat. Banyak pemimpin bisnis yang mengatakan bahwa faktor keberhasilan yang paling penting adalah kualitas produk dan diversifikasi, namun dunia ini terus berubah dengan cepat dan faktor-faktor keberhasilan pun ikut berubah.

Tahukah Anda bahwa () merupakan salah satu faktor keberhasilan yang terpenting dalam bisnis saat ini?

() didefinisikan sebagai kesan pelanggan terhadap perusahaan Anda, dari awal interaksi hingga akhir. tidak hanya memengaruhi retensi dan loyalitas pelanggan, tetapi juga reputasi perusahaan Anda. Tentunya, hal ini akan berdampak pada pertumbuhan dan kesuksesan bisnis Anda secara keseluruhan. Dengan kata lain, sangat berpengaruh terhadap kelangsungan perusahaan Anda.

Pentingnya Pengalaman Pelanggan ()

Sebuah studi yang dilakukan oleh Walker, menyatakan bahwa sejak akhir tahun 2020, pengalaman pelanggan telah mengungguli harga dan produk sebagai faktor utama yang membedakan sebuah perusahaan dengan pesaingnya. Jika Anda masih meragukannya, berikut adalah statistik mengenai pengalaman pelanggan berdasarkan berbagai penelitian yang membuktikan betapa pentingnya pengalaman pelanggan bagi perusahaan Anda:

  • Lebih dari 90% perusahaan dari berbagai industri setuju bahwa pengalaman pelanggan merupakan fokus utama (Oracle).
  • Sebanyak 74% pelanggan cenderung membeli berdasarkan pengalaman yang mereka rasakan (Forbes / Arm Treasure Data).
  • Sebanyak 65% responden menyatakan bahwa mereka akan menjadi pelanggan setia sebuah perusahaan jika perusahaan tersebut memberikan pengalaman positif (Forbes / Arm Treasure Data).
  • Sebanyak 78% konsumen mengatakan bahwa mereka akan tetap setia pada perusahaan yang benar-benar memahami mereka dan dapat memberikan apa yang mereka harapkan (Acquia).
  • Sebanyak 32% konsumen menyatakan bahwa mereka akan meninggalkan merek yang mereka cintai setelah mengalami satu saja pengalaman buruk (PwC).
  • Sebanyak 63% pelanggan mengungkapkan bahwa bisnis terbaik adalah bisnis yang dapat melampaui harapan mereka sepanjang perjalanan pelanggan (Wunderman).

Statistik-statistik di atas menunjukkan betapa pentingnya bagi para pemimpin bisnis untuk mengambil langkah lebih lanjut dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Banyak pemimpin bisnis yang masih ragu untuk berfokus pada peningkatan pengalaman pelanggan karena mereka percaya hal itu tidak akan berdampak pada keuntungan yang mereka peroleh. Jika Anda termasuk salah satu dari pemimpin tersebut, fakta-fakta ini akan membuat Anda terkejut. Berbagai penelitian telah menemukan bahwa:

  • Pelanggan bersedia membayar hingga 16% lebih tinggi untuk produk atau jasa jika itu berarti mereka mendapatkan pengalaman pelanggan yang positif (PwC).
  • Pelanggan setia bersedia membayar premi sebesar 17% dari harga produk atau jasa jika itu berarti mendapatkan pelayanan yang sangat baik (American Express).
  • Satu dari tiga konsumen bersedia membayar biaya lebih untuk menerima pelayanan pelanggan yang lebih baik (Genesys).

Setelah mengetahui fakta-fakta tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengalaman pelanggan yang positif akan memberikan manfaat bagi pelanggan dan juga perusahaan itu sendiri. Jadi, tidak ada salahnya berusaha meningkatkan pengalaman pelanggan perusahaan Anda.

Para pemimpin bisnis perlu memahami bahwa memberikan pengalaman pelanggan yang positif adalah suatu kebutuhan yang tidak dapat diabaikan lagi. Untungnya, sistem pengelolaan antrean SMARTQUEUE® ada untuk membantu perusahaan Anda memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Tingkatkan Pengalaman Pelanggan dengan SMARTQUEUE®

SMARTQUEUE® adalah sistem manajemen antrean canggih yang dapat membantu perusahaan Anda membuat pelanggan merasa puas dan memiliki kesan positif. Caranya adalah dengan mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan antrean. Antrean yang panjang dan lama adalah salah satu penyebab utama perusahaan Anda tidak dapat memberikan pengalaman pelanggan yang positif. Dengan mengatasi itu, dapat ditingkatkan.

SMARTQUEUE® menawarkan sistem manajemen dan pemantauan yang efektif dan efisien bagi staf dan pimpinan perusahaan. Selain itu, solusi pengelolaan antrean ini juga sangat menguntungkan bagi para pelanggan. SMARTQUEUE® memiliki berbagai fitur yang dapat membantu meningkatkan pengalaman pelanggan, di antaranya:

Kios Tiket Layanan Mandiri (Ticketing Kiosk)

Dengan menggunakan kios ini, pelanggan dapat melakukan check-in secara mandiri. Kios ini dirancang untuk memastikan tidak ada hambatan dalam antrean. Oleh karenanya, kios ini membantu menghemat waktu dan sangat praktis bagi pelanggan.

Check-in melalui Staf (Concierge)

Sebagai pelengkap dari kios tiket, SMARTQUEUE® menyediakan fitur tambahan ini bagi pelanggan yang membutuhkan bantuan untuk check-in atau memiliki pertanyaan yang perlu dijawab secara cepat. Dengan adanya fitur ini, pelanggan dapat dilayani secara langsung dan personal oleh staf concierge yang siap membantu tanpa perlu mengantre.

Layar Multimedia (Multimedia Display)

SMARTQUEUE® menyediakan layar multimedia untuk memberikan informasi seputar antrean dan pengumuman kepada pelanggan Anda, serta terhibur saat menunggu.

secara Online (Appointment Booking)

SMARTQUEUE® juga menyediakan secara online sebagai salah satu fitur tambahan. Dengan fitur ini, pelanggan Anda dapat menjadwalkan kunjungan atau layanan dengan mudah karena dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun.

Notifikasi SMS

Jika Anda menggunakan fitur ini, SMARTQUEUE® akan mengirimkan pemberitahuan melalui SMS kepada pelanggan Anda saat giliran mereka hampir tiba, sehingga mereka tidak akan melewatkannya.

Dengan Solusi Manajemen Antrian SMARTQUEUE® dan fitur-fiturnya yang sangat bermanfaat, perusahaan Anda dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dengan lebih mudah.

Butuh bantuan menemukan solusi yang tepat untuk bisnis Anda?

Kami siap membantu

1500913                                       
sales.office@murni.co.id

Ilustrasi Customer Experience (CX). Sumber: Freepik