3 Alasan Mengapa Orang Tidak Suka Mengantri dan Cara Mencegah Terjadinya Antrian

PT Murni Solusindo Nusantara

|

Agustus 4, 2021

Manajemen antrian yang baik adalah faktor yang penting dalam mencegah terjadinya antrian. Pernahkah Anda berdiri dalam antrian panjang dan merasa frustrasi? Rasanya daripada terjebak dalam antrian, Anda lebih baik pergi ke rumah, makan, kembali ke kantor untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan, atau sekadar membeli coffee latte dari kafe sebelah.

Menunggu bisa jadi aktivitas yang paling membosankan dan tidak disukai, terutama ketika antriannya begitu panjang. Namun, menurut Winter Nie in Waiting: integrating social and psychological perspectives in operations management, bukan hanya lamanya “menunggu” yang membuat customer kesal.

Jadi, apa lagi alasan yang bisa membuat mengantri menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan? Ini adalah beberapa detil kecil yang mungkin Anda lewatkan tentang apa yang membuat antrian menjadi ‘menyebalkan’, dan bagaimana solusi manajemen antrian kami, SMARTQUEUE®, dapat meningkatkan pengalaman menunggu customer.

Mengapa Orang Tidak Suka Mengantri?

1. Membuang-buang Waktu

Tentu saja, berdiri dan menunggu dalam antrian sangat membuang waktu, itulah sebabnya tidak ada orang yang menikmatinya. Waktu yang digunakan seseorang untuk menunggu layanan dapat dimanfaatkan untuk melakukan hal lain yang lebih produktif, seperti menyelesaikan pekerjaan atau tugas.

2. Banyaknya Orang yang Menyerobot Antrian

Apakah sering terjadi penumpukan antrian di lokasi Anda? Hal ini bisa saja terjadi karena manajemen antrian yang kurang baik atau waktu layanan yang terlalu lama.

Mungkin juga ada customer yang ‘curang’ karena menyerobot antrian dan mengambil giliran orang lain. Kemudian, tanpa mengetahui kapan giliran mereka atau berapa banyak orang yang menunggu sebelum mereka, customer takut untuk pindah dari posisi mereka, meskipun hanya sebentar untuk mengambil pena atau formulir karena mereka tidak ingin kehilangan tempat dan mengulang antrian dari awal. Sistem antrian yang tidak sistematis ini pasti membuat frustasi setiap customer.

3. Kurangnya Hiburan dan Kepastian

Menunggu dan mengantri adalah kegiatan yang membosankan. Tanpa hiburan dan kepastian kapan mereka akan mendapatkan layanan yang mereka butuhkan, terjebak dalam antrian tentunya menjadi sangat tidak menyenangkan.

Yang dibutuhkan customer Anda adalah konten multimedia yang berisi informasi status antrian dan tayangan yang menghibur untuk mengusir rasa bosan dan tidak nyaman. Faktanya, waktu menunggu terasa lebih cepat bagi mereka yang menunggu sembari menonton konten multimedia jika dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan apapun.

Bagaimana masalah pelanggan mencerminkan Anda?

3 Alasan Mengapa Orang Tidak Suka Mengantri dan Cara Mencegah Terjadinya Antrian 2(Gambar dari Freepik)

Setiap pelaku harus ingat bahwa penumpukan antrian akibat manajemen antrian yang kurang baik dapat menimbulkan persepsi negatif pada Anda. Yang terparah, Anda bisa saja kehilangan customer yang berpindah ke tempat lain. Tentunya, tidak ada bisnis yang menginginkan hal tersebut.

Namun jangan khawatir, selalu ada jawaban untuk semua kebutuhan manajemen antrian Anda dengan SMARTQUEUE®  Management Solution, solusi manajemen antrian yang inovatif dan komprehensif untuk menciptakan yang positif sejak awal hingga akhir layanan.

Inilah Bagaimana SMARTQUEUE® Dapat Membantu Meningkatkan

1. Tidak Perlu Lagi Membuang-Buang Waktu

Dengan menggunakan SMARTQUEUE®, proses antrian bisa dilakukan secara otomatis. Saat check-in, pelanggan dapat melihat nomor antriannya dan diberikan pilihan untuk menunggu di dalam atau di luar lokasi.

Pelanggan dapat menunggu di ruang tunggu atau melakukan aktivitas lain sambil menunggu tanpa melewatkan giliran dan mendapatkan notifikasi SMS saat giliran hampir tiba. Dengan cara ini, Anda dapat menunjukkan bahwa Anda menghargai waktu mereka dan juga secara signifikan mengurangi waktu tunggu yang mereka rasakan.

2. Tidak Ada Lagi Orang yang Dapat Menyerobot Antrian

SMARTQUEUE® dilengkapi dengan customer calling module bagi staf untuk memanggil dan melayani customer melalui satu sistem. Status antrian dan informasi waktu tunggu setiap customer juga dapat dimonitor dengan mudah oleh staf.

Fitur ini memfasilitasi manajemen antrian yang lebih teratur dan sistematis sehingga tidak ada lagi customer ‘curang’ yang dapat memotong antrian.

Selain itu, perusahaan Anda juga dapat memantau kualitas layanan dan kinerja setiap staf (KPI) dengan mudah dan lebih transparan. Dengan pemantauan secara real-time, setiap customer dapat dilayani sesuai dengan SLA yang telah ditentukan; sehingga mencegah terjadinya penumpukan antrian atau saling berebut giliran.

3. Tidak Ada Lagi Rasa Bosan dan Ketidakpastian

Dengan SMARTQUEUE®, Anda dapat menampilkan status antrian sambil menampilkan berbagai konten multimedia seperti tayangan edukasi, film, berita, hingga iklan dalam image atau video. Hal ini menciptakan distraksi yang diperlukan customer untuk menghilangkan rasa bosan dan mengurangi waktu tunggu yang dirasakan.

Dikembangkan sebagai solusi yang fleksibel dan adaptif, SMARTQUEUE® merupakan solusi manajemen antrian yang dapat diterapkan di berbagai sektor bisnis seperti lembaga pemerintahan, bank dan lembaga keuangan, hotel, fasilitas kesehatan, ritel, lembaga pendidikan, tempat rekreasi, dan masih banyak lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SMARTQUEUE®, silakan kunjungi website kami, hubungi Hotline 1500913 atau kirim email ke info@murni.co.id.

Baca Juga: Mengurangi Kerumunan dan Antrian dengan Virtual Queue

Ilustrasi Customer Experience (CX). Sumber: Freepik