4 Trik Memperpendek Waktu Tunggu Layanan

PT Murni Solusindo Nusantara

|

Juli 24, 2019

Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab utama waktu tunggu yang lama, yaitu dari antrian yang terjadi saat jumlah penyediaan layanan tidak sebanding dengan banyaknya kebutuhan akan layanan tersebut, atau  penyediaan layanan yang tidak terorganisir dengan baik.

Lalu, apakah yang bisa kita lakukan untuk menanggulangi masalah tersebut?

Untuk mengantisipasi antrian panjang yang dapat menyebabkan waktu tunggu yang lama, maka dikembangkanlah sebuah Sistem Manajamen Antrian ( System). Sistem Manajemen Antrian diaplikasikan di lokasi Anda untuk membantu pengelolaan Pelanggan yang datang secara otomatis. Dengan penyediaan fitur-fitur yang mempermudah staf Anda untuk mengatur antrian, Sistem Manajemen Antrian memungkinkan Anda untuk berfokus pada layanan.

Namun, dengan implementasi Sistem Manajemen Antrian pun, terkadang waktu tunggu yang lama tidak dapat dihindari, terutama apabila kebutuhan akan layanan tersebut sedang tinggi. Oleh karena itu, ada beberapa trik yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi waktu tunggu dengan menggunakan fitur-fitur yang terdapat dalam  Sistem Manajamen Antrian berikut ini:

1.Tampilan Konten yang Menarik

konten yang menarik

Sistem Manajemen Antrian dilengkapi dengan layar digital untuk menampilkan nomor antrian. Layar ini disebut juga äóìLayar Panggilan (Calling Display).äó Biasanya, Layar Panggilan pada Sistem Antrian selain menampilkan nomor antrian, juga menampilkan beragam konten multimedia. Hal tersebut dirancang sebagai hiburan untuk Pelanggan yang sedang menunggu. Dengan menonton konten yang menarik, penelitian telah membuktikan bahwa persepsi akan waktu tunggu dapat berkurang secara signifikan.

2. Layanan Concierge

Layanan Concierge - Mobile Concierge

Sebagai layanan alternatif, Sistem Manajemen Antrian biasanya juga menyediakan layanan Concierge yaitu seorang staf dengan perangkat tablet dan printer. Staf Concierge tersebut selain dapat membantu pengambilan tiket, juga dapat melayani Pelanggan di tempat. Sehingga apabila antrian panjang, staf Concierge dapat membantu menyelesaikan antrian dengan lebih cepat.

3.Notifikasi SMS

queue sms notification

Sistem Manajemen Antrian memungkinkan Pelanggan untuk menunggu di luar lokasi dengan penyediaan fitur Notifikasi SMS. Fitur Notifikasi SMS pada Sistem Antrian terdapat pada saat Pelanggan melakukan check-in pada kios tiket. Sebelum mencetak tiket antrian, maka Sistem Antrian akan bertanya pada Pelanggan apakah mereka ingin mendapatkan notifikasi lewat SMS ketika giliran mereka hampir tiba.

Fitur ini terutama sangat berguna bagi Pelanggan yang perlu melakukan urusan di tempat lain. Mereka dapat mengambil nomor antrian, kemudian pergi ke tempat lain untuk menyelesaikan urusan mereka. Ketika giliran mereka hampir tiba, maka Sistem Antrian akan mengirimkan SMS sehingga mereka dapat segera datang kembali ke lokasi layanan tepat waktu.

4. Booking Layanan

queue booking

Untuk manajemen waktu yang lebih baik, Sistem Manajemen Antrian yang baik juga seharusnya dilengkapi dengan Booking Layanan. Booking Layanan pada Sistem Antrian memungkinkan Pelanggan untuk memesan slot waktu tertentu untuk sebuah layanan sebelum mereka datang ke lokasi layanan. Dengan demikian, mereka tidak perlu menunggu terlalu lama untuk layanan yang mereka butuhkan.

Ketiga fitur di atas terangkum dalam SMARTQUEUE, sebuah sistem yang bukan saja berfungsi sebagai Sistem Manajemen Antrian, tetapi juga sistem yang dapat meningkatkan secara menyeluruh. Dengan skalabilitas tinggi, Sistem Manajemen Antrian kami dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda; Sistem Manajemen Antrian Software-only untuk kecil ataupun Sistem Manajemen Antrian dengan fitur komprehensif untuk perusahaan. Pilihlah Sistem Manajemen Antrian dengan cermat sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda!

Ilustrasi Customer Experience (CX). Sumber: Freepik