Memahami Pentingnya Sistem Antrian untuk Bisnis Anda

PT Murni Solusindo Nusantara

|

Juli 17, 2019

Peningkatan layanan dapat diperoleh, salah satunya, dengan pengaplikasian sistem antrian. Sistem ini berguna untuk membantu Anda mengatur antrian pelanggan dengan lebih efektif dan efisien sehingga memungkinkan setiap pelanggan yang datang ke tempat Anda mendapatkan layanan yang mereka butuhkan dengan mudah.

Lantas, apa yang dapat dilakukan sistem ini untuk Anda?

Sistem Antrian Memungkinkan Antrian yang Nyaman

Mengantri seringkali merupakan suatu pengalaman yang dihindari oleh kebanyakan pelanggan. Oleh karena itu, sebagai sebuah entitas , sangat penting untuk memastikan proses mengantri yang dilalui pelanggan berjalan nyaman.

Sistem layanan tunggu biasanya dilengkapi dengan layar multimedia yang menampilkan informasi antrian sehingga pelanggan dapat memantau status antrian mereka. Layar multimedia tersebut sekaligus menyediakan tayangan berkonten menarik berupa gambar maupun video untuk menemani waktu tunggu pelanggan. Dengan demikian, waktu tunggu yang lama pun akan terasa sebentar.

Memudahkan Pengaturan Layanan

sistem antrian memudahkan pelanggan

Bukan hanya memberikan keuntungan bagi pelanggan, sistem antrian juga memiliki banyak manfaat untuk staf konter layanan. Sistem yang baik melengkapi staf dengan aplikasi pengaturan antrian yang komprehensif dimana staf dapat dengan mudah mengelola antrian, termasuk memanggil nomor tiket, menahan nomor tiket, mentransfer nomor tiket ke konter lain, membuat nomor tiket baru, dll.

Dengan banyak pilihan fungsi, hal ini memberikan staf fleksibilitas untuk mengelola antrian pelanggan dengan lebih efektif. Hal ini pun memungkinkan penghabisan antrian dengan cepat.

Memungkinkan Analisa dan Inovasi Performa Layanan

Bagaimana pihak Manajemen dapat mengetahui performa layanan? Selain dengan observasi langsung ke lokasi, pengukuran juga dapat dilakukan lewat dan laporan performa layanan. Untuk memastikan layanan yang prima, maka sistem yang diimplementasikan harus dapat mengukur performa layanan sesuai dengan KPI.

Laporan yang dihasilkan dapat menyediakan data untuk menajemen mengenai berapa jumlah layanan yang tidak sesuai dengan SLA, mana layanan yang paling populer, kapan waktu layanan yang paling ramai, dsb. Dengan demikian, sistem antrian seperti SMARTQUEUE membantu Manajemen untuk dapat mengambil kebijakan-kebijakan perusahaan dengan lebih baik atau melakukan inovasi terkait layanan yang disediakan demi memastikan layanan prima setiap saat.

 

Ilustrasi Customer Experience (CX). Sumber: Freepik